Bersama NasDem Barru, Hasnah Syam Bagikan Ribuan Masker dan Nasi Kotak

Hasnah Syam Masuk Pasar Bagi Masker ke Pedagang dan Pengunjung

Hasnah Syam Masuk Pasar Bagi Masker ke Pedagang dan Pengunjung.

Barru, PANRITA.News – Mulut dan hidungnya tertutupi masker. Mengenakan balutan busana muslimah yang sederhana, kakinya di langkahkan masuk menghampiri warga yang beraktivitas di pasar-pasar tradisional.

Sesekali nampak berbincang sejenak dengan warga yang ditemui sebelum menyerahkan masker kain untuk dipasang. Begitu pun kala turun membagikan nasi kotak ke sejumlah warga kurang mampu di Kabupaten Barru.

Sosok itu tak lain adalah Anggota DPR RI, drg Hj Hasnah Syam, MARS. Wakil rakyat yang terpilih dari Dapil II Sulsel melalui Partai Nasdem yang kini mengemban amanah di Komisi IX DPR dan Badan Anggaran (Banggar).

Selama satu bulan terakhir di tengah ancaman wabah Corona, istri dari Bupati Barru Suardi Saleh itu, benar-benar kehadirannya sangat terasa sebagai wakil rakyat, terutama di Kabupaten Barru yang memang menjadi lumbung suaranya saat Pemilu 2019.

Tak henti-hentinya, Hasnah yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Barru dan eks Direktur RSUD Pinrang, ikut memikirkan langkah penanganan Covid-19 yang penyebarannya tergolong cepat di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

Berusaha semaksimal mungkin membantu pemerintah agar penularannya bisa dikurangi, Hasnah Syam sangat aktif turun langsung mengantisipasi penyebarannya. Mulai dari langkah menurunkan relawan menggelar penyemprotan disinfektan, membagikan hand sanitizer di sebagian wilayah di Dapil II Sulsel, hingga menggalakkan pembagian masker secara gratis ke warga selama beberapa hari terakhir.

Melalui program Nasdem Peduli, Hasnah Syam dan kader Nasdem di Barru berpencar membagikan masker dengan jumlah yang tergolong banyak, yakni ribuan lembar. Sasaran utamanya, adalah tempat umum, terutama di pasar-pasar tradisional.

Baik pedagang maupun pengunjung, semua dibagikan demi bersama menghindari penularan corona. Hingga Jumat (10/04/2020), sudah ada tiga pasar tradisional yang disasar untuk pembagian masker, yakni Pasar Pekkae, Mangkoso, dan Palanro. Rata-rata setiap pasar dibagikan sekitar 400 lembar.

Aksi bagi masker oleh Hasnah Syam maupun kader Nasdem akan terus berlanjut ke semua pasar. Seperti untuk Sabtu (11/04/2020) disiapkan sekitar 600 lembar. Termasuk di Pasar Mattirowalie yang merupakan pasar tradisional terbesar di Barru akan dibagikan sekitar 1000 masker di hari Minggu.

Diberbagai kesempatan, Hasnah Syam menuturkan, jika pihaknya sengaja menyasar pasar, karena di tempat inilah yang selalu ramai dikunjungi. Sehingga untuk mengurangi resiko penularan, maka salah satu langkah yang ditempuh dengan membagikan masker kepada pedagang dan pembeli.

“Sambil membagikan, kami juga mengingatkan kepada pedagang maupun pengunjung agar selalu menjaga jarak dalam berinteraksi, serta sebisa mungkin menyiapkan hand sanitizer atau mencuci tangan, maupun membersihkan tempatnya,” kata Hasnah Syam saat ditanya aksi kemanusiaan yang dilakukan selama ini, Jumat (10/4/2020).

Selain memassifkan pembagian masker dengan jumlah yang besar di setiap pasar, Hasnah Syam melalui Nasdem Peduli, juga menyiapkan bantuan nasi kotak 100 per hari ke warga, terutama kaum dhuafa.

Khusus bantuan dan pembagian nasi kotak 100 per hari ini akan digilir ke setiap kecamatan selama satu bulan dan mulai berjalan selama sepekan terakhir.

Sebelumnya, Hasnah Syam juga menyumbangkan sebagian gajinya di DPR RI untuk membantu penanganan Covid-19 secara nasional.

Tinggalkan Komentar