Jurnalis Distribusikan APD di 11 Kecamatan Kota Makassar

Jurnalis Distribusikan APD Di 11 Kecamatan Kota Makassar

Makassar, PANRITA.News – Jurnalis Peduli Kemanusian (JPK) Provinsi Sulawesi Selatan mulai menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang berjuang sebagai garda terdepan menangani pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di berbagai Puskesmas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Untuk tahap pertama kami menyalurkan APD di 11 puskesmas yang tersebar di Makassar. Alasannya karena terdeteksi memiliki sebaran terinfeksi cukup tinggi,” kata Koordinator JPK Sulsel, Darwin Fatir di Puskesmas Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (9/4/2020).

Untuk jumlah APD yang tersedia saat ini didistribusikan pada tahap pertama sebanyak 31 lembar. Selanjutnya, pada tahap kedua, rencananya akan didistribusikan lagi sebanyak 100 lembar di puskesmas dan rumah sakit swasta. 

Ketersediaan APD tersebut, kata dia, tidak lepas dari dukungan dan kontribusi donatur yang mendonasikan dananya baik dari kalangan jurnalis beserta jaringan mereka, serta masyarakat, termasuk anak kecil yang membawa celengannya ke posko dalam sepekan terakhir.

Ditanya mengapa memilih mendistribusikan ke puskesmas, pewarta Kantor Berita Antara ini menuturkan, dari pengamatan lapangan, tenaga medis di sana sangat minim peralatan, padahal akses pertama masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan pada tingkat Fasilitas Pertama yaitu Puskesmas.

“Ini bentuk kepedulian kepada tenaga medis kita yang bekerja di puskesmas. Mereka tidak dilengkapi pelindung diri saat memeriksa pasien, mengingat telah banyak orang terpapar virus ini hingga masyarakat dilapis tingkat bawah,” ungkap Darwin.

JPK Sulsel terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi pers diantaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

“Saat ini JPK masih membuka donasi baik melalui rekening maupun pengantaran donasi ke Posko (Sekretariat AJI Makassar). Bantuan sekecil apapun akan sangat membantu tenaga medis kita melawan virus korona,” tambahnya.

Pejabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb seusai menerima bantuan secara memberikan apresiasi kepada jurnalis atas kepedulian tenaga medis dengan gerakan cepat memberikan bantuan kepada puskesmas.

“Ini sangat membantu sekali. Pemberian ini sangat membanggakan dan sangat mengharukan mengingat memang kami saat ini terutama para tenaga kesehatan sangat membutuhkan namanya APD dan peralatan lainnya,” ujar Iqbal kepada wartawan di puskesmas setempat.

Bantuan ini, kata dia, akan sangat membantu bagi tenaga medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi korona.

“Dengan bantuan ini paling Tidak, teman yang ada di puskesmas bisa menjaga diri kemungkinan tertularnya, karena berkontak dengan pasien dan orang-orang yang ODP maupun PDP tersebut,” paparnya 

“Kami berterima kasih kepada teman-teman jurnalis. Semoga saja apa yang dilakukan itu mendapat berkah dan Allah SWT membalasnya,” tambah Iqbal.

* Data jumlah sebaran APD yang disalurkan JPK Sulsel tahap pertama di 11 Puskesmas yakni :

Di Kecamatan Rappocini ada dua yakni  Puskesmas Ballaparang dan Puskesmas Kassi-Kassi, masing- masing empat lembar.

Di Kecamatan Manggala ada dua Puskesmas yaitu  Perumnas Antang dan Batua masing-masing tiga lembar

Kecamatan Panakukang di Puskesmas Tamamaung sebanyak tiga lembar.

Kecamatan Biringkanaya dua puskesmas yakni Puskesmas Sudiang Raya dan Paccerakkang masing-masing tiga lembar

Kecamatan Tamalate, dua puskesmas yakni Puskesmas Tamalate dan Jongaya masing-masing dua lembar.

Kecamatan Tamalanrea dua puskesmas yakni Puskesmas Tamalanrea dan Kapasa masing-masing dua lembar.

Tinggalkan Komentar