Wali Kota Ini Sengaja Tularkan Dirinya dengan Virus Corona Agar Kebal

Stephan von Dassel, Wali Kota Distrik Berlin, Jerman. (Ist)

Berlin, PANRITA.News – Seorang Wali Kota di Jerman menuai kontroversi usai dengan sengaja menularkan wabah virus Corona terhadap dirinya sendiri.

Adalah Stephan von Dassel (53), Wali Kota Distrik Berlin, pada pekan lalu mengungkapkan, dia tertular wabah itu dari pasangannya.

Stephan mengaku sengaja melakukan hal tersebut demi meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuhnya dan agar tetap bisa bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Keputusannya jelas kontroversial karena bertentangan dengan anjuran pakar kesehatan agar melakukan psiychal distancing atau menjaga jarak demi menghindari penularan.

Melansir dari Suara.com yang disadur melalui Deutsche Welle, Rabu (8/4/2020), Stephan mengaku tidak menyangka sakitnya akan berlangsung lebih lama.

“Saya sakit lebih lama dari yang saya kira,” ujar Stephan von Dassel.

Dia menuturkan, awalnya dia sudah merencanakan bakal terpapar virus itu selama tiga hari, kemudian sembuh dan mengembangkan kekebalan.

Stephan mengira dirinya akan cepat pulih dan kebal dan tidak akan menularkan virus tersebut kepada orang lain.

“Saya tidak tidak akan menularkannya kepada siapa pun, tetapi itu jauh lebih buruk daripada yang saya bayangkan,” ujarnya.

Stephan berpendapat dengan terjangkit Covid-19, ia dapat memberi “kontribusi” jangka panjang untuk meratakan kurva kasus.

Meskipun demikian, Stephan tetap bertanggung jawab atas tindakannya. Ia melakukan karantina diri setelah mengeluarkan pengakuan itu.

“Mungkin pernyataan saya di radio menyesatkan. Tapi saya bertanggung jawab atas sikap saya. Saya tetap di karantina, sampai saya tidak lagi menular,” tulis Stephan von Dassel dalam cuitannya, Rabu (1/4/2020).

Tinggalkan Komentar