Wagub Sulsel Minta Pemda Berdayakan UKM Produksi Masker

Makassar, PANRITA.News – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengajak masyarakat untuk mulai menggunakan masker. Terlebih jika sedang ke luar dari rumah atau bepergian.

Hal itu sesuai anjuran yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO, bahwa masyarakat diminta mulai menggunakan masker jika bepergian. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Setiap warga untuk selalu menggunakan masker dalam interaksi aktivitas setiap hari,” ujarnya, Selasa, 7 April 2020.

“Masker bisa buatan sendiri selama itu bisa memproteksi dari droplet baik kepada orang lain maupun sebaliknya,” lanjutnya.

Ia pun mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memfokuskan kembali (refocusing) anggaran, khususnya dalam penanganan pencegahan Covid-19. Serta menyarankan agar produksi masker bisa melalui tenaga-tenaga lokal atau masyarakat daerah itu.

“Saya kira Pemda Kabupaten/Kota ada alokasi anggaran refocusing. Sedianya juga bisa melalui prosedur yang ada untuk memberdayakan UKM untuk memproduksi masker,” pintanya.

Melalui akun instagram pribadinya, @andisudirman.sulaiman memposting video tutorial pembuatan masker dengan menggunakan bahan sederhana. Video itu diperagakan tim relawan donasi Sulsel Peduli.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyampaikan imbauan terkait penggunaan masker.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain. Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Yuri.

Diketahui, hingga 6 April 2020, dari instagram Dinkes Sulsel tercatat ada 112 kasus pasien positif corona di Sulsel. (*)

Tinggalkan Komentar