Pemerintah Siapkan Rp 500 M untuk Diskon Tiket Pesawat

Pemerintah memberikan insentif berupa diskon tiket pesawat, hal ini dilakukan untuk memulihkan kembali sektor pariwisata yang sempat terhantam dampak virus corona. Diskon tiket pesawat sendiri diberikan hingga separuh harga alias 50% terhadap harga tiket.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemerintah memberikan setidaknya Rp 500 miliar untuk kontribusi diskon selama tiga bulan. Uang tersebut didapatkan dari APBN dan berkontribusi 30% dari diskon yang diberikan.

“Secara umum saya sampaikan Pemerintah sediakan dana cash Rp 500 miliar dan diberikan untuk diskon 30% kepada semua penerbangan ke 10 destinasi wisata,” kata Budi Karya seperti dikutip detik finance, Sabtu (29/2/2020).

Kemudian 20% diskon sisanya diberikan dari kontribusi Pertamina, Angkasa Pura I dan II, serta AirNav. Detilnya, Pertamina berkontribusi pada 15% diskon lalu 5% sisanya merupakan kontribusi dari Angkasa Pura I dan II serta AirNav.

“Kalau dihitung Pertamina 15%, lalu Angkasa Pura dan AirNav 5%. Sehingga total insentif adalah 50%,” kata Budi Karya.

Diskon diberikan untuk penerbangan ke 10 destinasi wisata pilihan, yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit-Danau Toba, Tanjung Pandang, dan Tanjung Pinang.

“Diskon untuk 25% seat ke 10 destinasi selama 3 bulan. Selama 1 Maret ke 31 Mei,” kata Budi Karya.

Tinggalkan Komentar