Tinggi Air di Bendungan Bili-Bili Gowa Dekati Ambang Batas Normal

Bendungan Bili-Bili di Gowa. (Foto: Sindonews).

Bendungan Bili-Bili di Gowa. (Foto: Sindonews).

Gowa, PANRITA.News – Setelah hujan deras terus mengguyur beberapa hari terakhir, ketinggian air di Bendungan Bili-Bili, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terus naik, namun kondisi tersebut masih dalam kategori aman.

Hingga saat ini, Sabtu (22/2/2020), ketinggian di Bendungan tersebut air mencapai 95,80 mdpl. Sementara ambang batas normal jika sudah melebihi 99.50 mdpl.

“Dengan kondisi sekarang ini belum berpengaruh dan masih aman,” kata Kepala BPBD Kabupaten Gowa, Iksan Parawansa seperti dilansir dari Makassar Sindownews, Sabtu (22/2).

Iksan mengungkapkan bahwa bendungan Bili-bili memiliki Early Warning Sistem untuk peringatan dini. Petugas bendungan akan selalu menyampaikan kondisi terkini bila ketinggian air berada pada level Waspada.

“Jika kondisi air dalam level waspada kemudian masuk ke siaga mereka akan laporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, kemudian menelpon Bupati, Gubernur bahwa ini akan segera dibuka dan itu butuh respon yang cepat sekitar tiga jam,” jelasnya.

Sementara berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ikhsan Parawansa menyebutkan hujan masih akan turun hingga Maret mendatang. Namun Ia berharap cuaca tidak seekstrem tahun 2019 lalu.

“Kami berharap kondisi cuaca tidak seekstrim tahun tahun kemarin, mudah-mudahan. Ini yang sangat kami khawatirkan yang ada di hulu sana seperti dataran tinggi karena ini sangat rawan sekali terjadinya longsor,” harapnya.

Tinggalkan Komentar