Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan, DP3AP2KB Sinjai Gelar Seminar Kewirausahaan

DP3AP2KB Kabupaten Sinjai menggelar Seminar Kewirausahaan.

Sinjai, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai menggelar Seminar kewirausahaan dalam peningkatan peran serta perempuan dalam pembangunan, di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai, Selasa (15/10/19).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setdakab Sinjai dr. Hj. Nikmat. B. Situru dan diikuti peserta kaum perempuan dari tim penggerak PKK, organisasi perempuan dan pokja dari kampung KB.

Kepala DP3AP2KB Sinjai Dra. Hj. Mas Ati mengatakan keterlibatan perempuan dalam pemberdayaan perempuan masih rendah. Dengan kondisi seperti ini tentunya diupayakan memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada perempuan untuk mengambil peran dan berpartisipasi serta terlibat dalam pembangunan daerah.

“Kita laksanakan seminar ini untuk memberi kesempatan kepada perempuan untuk bergerak mensukseskan pembangunan di segala sektor dan menekan adanya diskriminasi dalam proses pembangunan, artinya perempuan diharapkan turut serta mulai dari prencanaan hingga pengawasan pembangunan dan bersama menerima manfaat dari pembangunan itu,” tandasnya.

Mas Ati menjelaskan Indeks pemberdayaan gender di Sinjai berdasarkan rilis BPS bahwa keterwakilan perempuan di legislatif maupun di eksekutif sudah cukup bagus, sehingga yang menjadi perhatian saat ini adalah memacu keterlibatan perempuan dalam pemberdayaan ekonomi.

“Dari seminar ini kita ingin membangun sebuah tim work agar bersama mendorong keterlibatan perempuan di semua sektor pembangunan tanpa melupakan kodrat selaku perempuan,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setdakab Sinjai dr. Hj. Nikmat. B. Situru memberi apresiasi dengan adanya kegiatan ini sebab sejalan dengan visi dan misi Pemkab Sinjai yakni meningkatkan kualitas perempuan agar mampu bersaing.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dirangkaikan dengan seminar pendidikan politik. Adapun narasumbernya adalah konsultan UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan serta Dosen STISIP Muhammadiyah Sinjai Dr. Hermansyah.

Tinggalkan Komentar