Buntut Penahanan Mahasiswa Papua, Manokwari Rusuh, Gedung DPRD Dibakar

Suasana Mencekam di Papua Barat Usai Pembakaran Gedung DPRD Manokwari

Suasana Mencekam di Papua Barat Usai Pembakaran Gedung DPRD Manokwari. © Merdeka.com

Manokwari, PANRITA.News – Kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019). Massa yang melakukan aksi tidak hanya memblokade jalan, tapi juga membakar gedung DPRD Papua Barat.

Massa yang melakukan aksi sejak Senin pagi, memblokade jalan di Kota Manokwari dan membakar ban bekas.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Herry Rudolf Nahak sempat mengajak pendemo untuk tidak melakukan kekerasan.

Namun, massa tetap menggelar aksi dengan membakar ban bekas dan meletakan ranting pohon di sejumlah ruas jalan.

Sejumlah ruas jalan yang diblokade, yakni Jalan Yos Sudarso, Jalan Trikora Wosi dan jalan Manunggal Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Massa juga melemparkan pecahan botol dan merobohkan papan reklame, serta tiang traffict light yang berada di pinggir jalan Yos Sudarso.

Aksi ini sebagai bentuk protes terhadap tindakan yang dinilainya sebagai persekusi dan rasisme yang dilakukan oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Oknum Aparat, terhadap mahasiswa Papua, di Malang, Surabaya dan Semarang.

Selain demo dan memblokir jalan, warga juga membakar Gedung DPRD Provinsi Papua Barat yang terletak di Jalan Siliwangi yang biasa dipakai untuk sidang paripurna.

Akibatnya, ruas jalan tersebut lumpuh total. Bahkan sejumlah toko-toko dan Bank pemerintah tutup.

Nampak sejumlah aparat berada dititik lokasi, untuk mengamankan situasi.

Aksi Merembet ke Jayapura

Demonstrasi di Papua / Merdeka.com

Kerusuhan di Kota Manokwari, Papua Barat, berbuntut terhadap aksi berantai di kawasan Jayapura. Peserta aksi unjuk rasa berangkat dari Universitas Cendrawasih, sekitar 3 kilometer dari Jayapura. Selain itu, massa memblokir jalan utama menuju Bandara Sentani.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto mengatakan pihaknya masih menunggu koordinasi dari kepolisian. Sementara, pihaknya sudah bersiap untuk ikut mengamankan jalannya aksi.

“Aksi demo respons dari Manokwari. Jadi Manokwari aksi, Jayapura ikut aksi. Cuma baru kumpul. Biasa, demonstrasi,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar