Pakai Jet Pemerintah untuk Pribadi, Ketua Parlemen Polandia Mengundurkan Diri

Ketua Parlemen Polandia, Marek Kuchcinski Foto: Reuters/Bernadett Szabo

Ketua Parlemen Polandia, Marek Kuchcinski Foto: Reuters/Bernadett Szabo

Polandia, PANRITA.News – Ketua Parlemen Polandia, Marek Kuchcinski, pada Kamis (8/8), menyatakan akan mundur dari jabatannya. Hal ini dipicu oleh skandal Kuchcinski yang terbukti menggunakan jet pemerintah untuk perjalanan pribadi.

“Saya berencana menyampaikan pengunduran diri saya besok,” kata Kuchcinski dalam acara jumpa pers bersama pemimpin partai sayap-kanan Partai Hukum dan Keadilan atau Prawo i Sprawiedliwość (PiS), dilansir Reuters, Jumat (9/8).

Kuchcinski mengeluarkan pernyataan itu tiga hari setelah ia meminta maaf karena menggunakan pesawat milik pemerintah, Gulfstream, untuk terbang sebanyak 23 kali dengan keluarganya.

Menurut sebuah jajak pendapat yang diselenggarakan oleh tabloid Super Express, hampir dua per tiga warga Polandia menginginkan Kuchcinski mundur.

Banyak pihak berspekulasi bahwa wakil Kuchcinski, Ryszard Terlecki, yang juga adalah politikus senior PiS, akan mengambil alih jabatan sebagai Ketua Parlemen Polandia.

Skandal ini berpotensi pada menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat dan pemilih Polandia terhadap PiS. Sehingga, membiarkan Kuchcinski untuk mundur adalah langkah yang tepat.

“Ada ancaman erosi pemilih yang bergabung dengan PiS baru-baru ini dan risiko bahwa PiS bisa kehilangan mayoritas absolutnya di parlemen, maka keputusan untuk membiarkan yang bersangkutan pergi,” kata pengamat politik Universitas Warsawa, Rafal Chwedoruk.

PiS dianggap telah memegang kepemimpinan yang bagus di parlemen baru-baru ini. Hal ini didorong dengan perjuangan partai dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat, program belanja sosial yang baik, dan memperjuangkan nilai konservatif tradisional.(Kumparan)

Tinggalkan Komentar