Halal Bihalal KAHMI UINAM, JMS: Sebagai Aktivis Mampu Mematahkan Kemustahilan

Jamaluddin M Syamsir (JMS).

Jamaluddin M Syamsir (JMS).

Makassar, PANRITA.News – Dialog Interaktif dan Halal Bihalal Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) UIN Alauddin Makassar (KAHMI UINAM) dihadiri ratusan Alumni dan Kader HMI di New Tosil Cafe and Resto, Rabu malam (10/7/2019).

Dalam kegiatan ini dari berbagai angkatan di HMI, mulai angkatan 1970an hingga sekarang saling bertegur sapa dan berbagi pengalaman.

Secara umum, dari beberapa alumni HMI yang menyampaikan sepatah kata mengingatkan unrgensi perkaderan di HMI dan berharap agar terus dijaga.

Salah satunya Jamaluddin M Syamsir (JMS) yang kini menjadi salah satu bakal calon bupati Bulukumba menceritakan sepak terjangnya sebagai aktivis hingga mampu menjadi ketua KNPI Sulsel dan kini berkiprah di kancah nasional.

“Saya tentu bisa berdiri di sini dan tidak serta merta untuk menjadi Bupati Insyaallah, kalau tidak adanya jejak masa lalu saya termasuk di HMI. saya selalu berani melawan arus apabila saya benar,” ujarnya.

JMS menceritakan bahwa dirinya pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya ke tiga dan merebut Ketua KNPI Sulawesi Selatan yang selama ini hanya diduduki oleh orang-orang dari kalangan atas.

“Ikhtiar saya ini, saya ingin membuktikan bahwa seorang aktivis itu mampu untuk mematahkan kemustahilan-kemustahilan yang ada, meski saya hanya sebagai anak petani” ucap mantan Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya ini.

Lebih lanjut, JMS menghimbau kepada Kahmi dan anggota HMI untuk senantiasa menjaga dan merawat perkaderan HMI di manapun berada.

“Saran-saran yang selalu sampaikan bahwa, kesalahan HMI dan Alumni HMI sebenarnya setelah reformasi kita salah mengambil langkah dan tidak berani membuat keputusan membuat sebuah partai, sehingga yang lainlah yang mengambil kesempatan tersebut, andai saja kita berani membuat sebuah partai misalnya atau rumah sakit insan cita ataukah sekolah dan lain sebagainya, tentu distribusi dan promosi kader-kader HMI akan menjadi mudah,” jelasnya.

Menurut Mantan Ketua KNPI Sulsel ini, harusnya sebagai alumni HMI atau kader HMI harus mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang dan tidak terjebak dengan sejarah kesuksesan para pendahulu di HMI.

Dan di akhir sambutannya, JMS memohon doa dan dukungan para peserta Halal Bihalal untuk maju sebagai calon Bupati Bulukumba dan berkomitmen untuk membawa perubahan.

Pada kegiatan ini nampak dihadiri beberapa tokoh legendaris alumni HMI seperti Manimbang Kahariady selaku Sekjend MN KAHMI, H. M. Qashim Mathar, Andi Pangerang Moenta, Syamsa Latief, Gazaly SuyutiFajarakal Calon Bupati Maros Nurhasan dan banyak juga Alumni HMI sebagai Dosen di UIN Alauddin sendiri dan yang berkiprah di luar.

Leave a Reply