Hujan Lebat, Lebih 1 juta Warga Jepang Mengungsi

Jalanan banjir tampak saat hujan lebat, Rabu (3/7), di Kota Soo Kagoshima, Jepang. Pemerintah sudah meminta evukasi bagi 1 juta warga terdampak hujan lebar di Pulau Kyushu.

Jalanan banjir tampak saat hujan lebat, Rabu (3/7), di Kota Soo Kagoshima, Jepang. Pemerintah sudah meminta evukasi bagi 1 juta warga terdampak hujan lebar di Pulau Kyushu.

PANRITA.News – Pemerintah Jepang mengeluarkan perintah evakuasi bagi lebih dari satu juta orang di Pulau Kyusu, Jepang yang dilanda hujan lebat, Kamis (4/7/2019).

Hujan lebat dikabarkan telah mengguyur daerah tersebut selama seminggu lamanya dan perintah untuk evakuasi menjadi peringatan paling serius yang dikeluarkan pemerintah Jepang sebelum bencana terjadi.

Hujan yang terjadi sejak Jumat lalu itu dikhawatirkan mengakibatkan banjir dan tanah longsor

“Jika hujan lebat terus berlanjut selama berjam-jam di wilayah yang sama, kami mungkin mengeluarkan peringatan khusus,” kata pejabat Badan Meteorologi Ryuta Kurora kepada wartawan, dikutip dari AFP, Kamis (4/7).

Dikatakan total 1,1 juta orang di prefektur Kagoshima dan Miyazaki di pulau Kyushu telah diperintahkan mengungsi ke tempat penampungan.

Sementara itu, tanah longsor kecil telah dilaporkan terjadi di beberapa bagian wilayah yang terkena dampak.

Tanah longsor tersebut menyapu beberapa mobil dan mengubur sebuah rumah di Kagoshima.

Hujan lebat juga menyebabkan aktivitas warga terganggu. Jalur kereta di Shinkansen, pulau selatan Kyushu terganggu oleh hujan lebat. Sebanyak 150 sekolah memilih meliburkan siswanya.

Pihak berwenang Jepang mendesak orang untuk berlindung lebih awal setelah hujan lebat musim panas lalu di bagian barat negara itu menewaskan lebih dari 200 orang.

Banyak pihak yang menyatakan bahwa kematian ratusan orang itu disebabkan karena perintah evakuasi dari pemerintah yang terlambat dan sebagian orang yang tidak mengindahkan perintah tersebut.

Leave a Reply