Jadi Perdebatan, Ini Penjelasan Emoji Berdoa dan High Five

Ilustrasi Emoji.

Ilustrasi Emoji.

Makassar, PANRITA.News – Akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan dengan perdebatan emoji dengan tangan yang saling menempel satu sama lain.

Kebanyakan orang menganggap bahwa emoji ini diartikan sebagai simbol berdoa. Tak hanya itu banyak pula menggunakannya dalam konteks meminta maaf atau terima kasih.

Sedangkan dalam situasi yang lain, banyak yang percaya jika emoji dua telapak tangan yang menyatu ini menggambarkan tos atau high five antar dua orang.

Berdasarkan penjelasan yang tercantum di situs database emoji, Emojipedia, gambar dua telapak tangan ini pada dasarnya memiliki arti “please” atau “thank you” atu biasanya digunakan untuk ekspresi berdoa.

Seperti dilansir KompasTekno dari Emojipedia, Rabu (3/7/2019), emoji ini terdaftar dengan nama resmi Unicode “Person With Folded Hands”.

Dengan kata lain, seperti nama kode tersebut, emoji ini memiliki arti bahwa hanya ada satu orang (person) yang sedang menempelkan tangannya, bukan dua orang (people) yang sedang “tos”.

Kendati demikian, Emojipedia juga menjelaskan bahwa emoji ini bisa digunakan sebagai ekspresi high-five atau “tos”. Hanya saja, ekspresi high-five ini memang kurang umum digunakan oleh pengguna.

Beberapa keyboard, jejaring sosial, atau pesan instan seperti WhatsApp, pun bakal menampilkan emoji ini ketika para pengguna mengetik keyword “high five”, “thank you”, “please” hingga “pray”.

Ilustrasi pencarian (Kompas.com)

Sehingga bisa disimpulkan, makna emoji sebenarnya tergantung dari konteks yang dipakai dalam percakapan saat itu, dan kebutuhan pengguna yang memakainya.

Sumber: Kompas |

Tinggalkan Komentar