Gempa 6,8 SR Guncang Jepang, Peringatan Tsunami

Bendera Jepang. (Shutterstock)

Bendera Jepang. (Shutterstock)

PANRITA.News –  Pemerintah Jepang, mengeluarkan peringatan tsunami bagi warganya setelah gempa mengguncang kawasan barat daya pada Selasa malam (18/6/2019).

Gempa bumi dengan kekuatan awal 6,8 skala Richter mengguncang pantai barat laut Jepang di sekitar prefektur Niigata dan memicu peringatan tsunami.

Dilansir dari Channel News Asia, gempa tersebut sampai kedalaman 10 kilometer. Gempa dangkal seperti itu biasanya menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban dari gempa yang melanda 85 kilometer timur laut pulau Honshu tersebut. Beberapa jalan lokal juga telah ditutup setelah gempa.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan untuk tsunami setinggi 0,2 meter hingga 1 meter di sepanjang pantai barat laut pulau utama. Dikatakan beberapa gelombang diperkirakan telah mencapai beberapa garis pantai Yamagata dan Niigata, di barat laut negara itu.

Para pejabat setempat segera menghentikan layanan kereta cepat di wilayah itu sebagai tindakan pencegahan. Aliran listrik di puluhan ribu rumah juga telah diputuskan.

Leave a Reply