Selamat Tinggal BlackBerry Messenger

BlackBerry Messenger (BBM).

PANRITA.News – Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada BBM 1 Juni 2019. Platform itu menuliskan pesan perpisahan di akun Twitter resminya karena 31 Mei 2019, adalah hari terakhirnya beroperasi.

Kini, tibalah tanggal yang diumumkan tersebut, akun Twitter BlackBerry Messenger mengucapkan pesan perpisahan kepada para penggunanya.

“Ping! Hari ini adalah hari terakhir untuk menggunakan BBM. Terima kasih atas semua dukungan dan kenangan yang diberikan bersama BBM,” kicau akun @BBM, disertai emoticon wajah sedih.

Mereka juga menambahkan alternatif pengganti dari BBM yaitu BBM enterprise. Dalam unggahan tweet itu, pihak BBM juga menyertakan tautan link soal layanan enterprise tersebut.

Dalam tautan tersebut dituliskan bahwa BBM Enterprise atau BBMe sudah bisa diunduh dalam sejumlah platform. Layanan itu tersedia di Android, iOS, Windows, dan macOS. Pihak BBM juga menjelaskan mengenai sejumlah fitur dan keamanan serta privasi yang digunakan pada BBMe.

Sebelumnya pada April lalu BBM mengumumkan layanan konsumen BBM akan ditutup pada 31 Mei 2019. Mereka menjelaskan alasan menutup layanan messaging tersebut. Ini karena industri pesan instan sangat fleksibel dan juga kompetitif.

Padahal diakui BBM, mereka mencoba memperbaiki platformnya sejak tiga tahun lalu. Sejumlah fitur dan konten dirilis untuk menumbuhkan basis pengguna sejak 2016.

Banyak penggunanya yang akhirnya lari ke platform lain. BBM juga mengatakan mereka juga kesulitan untuk menumbuhkan pengguna baru.

Tinggalkan Komentar