Pemuda Inisiasi ‘Kampoeng Ramadhan’ di Dusun Belalang, Enrekang

Kampoeng Ramadhan di Dusun Belalang Kelurahan Mataran, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Enrekang, PANRITA.News – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, tiap tahun dinanti-nanti oleh umat islam seluruh dunia, tak terkecuali warga di salah satu desa yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi selatan.

Terkhusus pemuda di Dusun Belalang Kelurahan Mataran, Kecamatan Anggeraja, Enrekang menyambut bulan ramadhan 1440 Hijrah kali ini dengan sesuatu yang baru.

Bermula dari inisiatif warga setempat terkhusus para pemuda dusun belalang menyulap kampungnya menjadi ‘Kampoeng Ramadhan’.

Selama satu bulan penuh, di dusun tersebut melaksanakan berbagai kegiatan produktif bertemakan keislaman.

Ketua panitia pelaksana Kampung Ramadhan, Harumin M menuturkan bahwa dirinya berniat membangun Dusun Belalang menjadi kampung ramadhan yang produktif.

Suasana ‘Kampoeng Ramadhan’

“Ketika masuk ramadhan maka orng akan langsung teringat dengan dusun belalang.
Bulan ramadhan adlah bulan dengan segala keutamaan dan keistimewaan. bulan dmna semua amal kebaikan dilipat gandakan serta di dalamnya diturunkan alquran. Sehingga justru ramadhan harus penuh dengan berbagai kegiatan,” jelasnya kepada PANRITA.News, Ahad (19/5/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama bulan ramadhan di Dusun tersebut diantaranya mulai dari pildacil, lomba tadarrus, hafalan surah-surah pendek dan doa sehari-hari dan terdapat pula  lomba untuk siswa yang paling aktif dan tenang ketika turut menunaikan ibadah di masjid mulai dari shalat isya dan subuh.

“Kita berharap ini menjadi contoh di masjid-masjid lainnya. Kedepan dusun belalang kelurahan Mataran kecamatan anggeraja menjadi pusat kegiatan lomba di bulan ramadhan tingkat kecamatan bahkan tingkat kabupaten,” lanjut Harumin.

Sementara itu, salah satu panitia pelaksana kampung ramadhan, Abel mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan perdana tentang konsep yang terbaru di bulan ramadhan kali ini dengan membangun nuansa islamiah dan pendidikan moral yang diprioritaskan kepada anak-anak.

Tinggalkan Komentar