Tak Selalu Berarti Bahagia, Kenali 5 Jenis Senyuman dan Maknanya

Foto: Chelsea Olivia (Ilustrasi)

PANRITA.News – Dalam pergaulan sehari-hari, kita tersenyum atau melihat orang lain tersenyum. Senyum merupakan ekspresi wajah yang kompleks dan menunjukkan beragam pesan. Apakah kita memahami makna dibalik senyum itu?

Tidak melulu senyuman menunjukkan hal yang positif atau kebahagiaan. Ketahui apa saja jenis senyuman yang sering dipakai orang dan makna di baliknya.

1. Senyum bahagia

Orang yang bahagia cenderung lebih sering tersenyum. Lantas, seperti apakah senyuman bahagia itu? Pakar komunikasi nonverbal, Paul Ekman, menggambarkannya sebagai naiknya bagian sudut mulut dan juga mata yang bahagia yang menyebabkan sampai ada kerutan di bagian pinggir mata.

2. Senyum palsu

Walau mulut membentuk senyuman, namun tidak ada kontak mata di sana. Kurang lebih seperti ketika kita berfoto bersama dan diarahkan untuk “senyum ke kamera”, biasanya kita akan memberi senyum palsu.

3. Senyum menggoda

Ketika seseorang sedang berusaha menggoda, biasanya mereka akan menunjukkan hal positif, misalnya senyum kecil yang dibarengi dengan kontak mata.

Bukan hanya itu, senyuman menggoda juga sering dilanjutkan dengan perilaku submisif seperti memiringkan kepala ke bawah, atau perilaku dominan seperti mengerling.

4. Senyum tidak nyaman

Ketika seseorang merasa tidak nyaman, misalnya saat orang lain mengatakan sesuatu yang tidak pantas, biasanya orang itu berusaha tersenyum tapi untuk menutupi emosi yang sebenarnya yakni rasa tidak nyaman.

Dalam sebuah penelitian percobaan, beberapa perempuan dalam sebuah wawancara kerja diberi pertanyaan kurang sopan tentang seks. Mayoritas responden itu menunjukkan senyum tidak nyaman.

5. Senyum sarkas

Walau bagian ujung mulut tertarik ke atas membentuk senyuman, tetapi mata menunjukkan kesan meremehkan. Terkadang senyuman itu menjadi sebuah cibiran sebagai tanda tidak suka.

Tinggalkan Komentar