Wali Kota Makassar Optimis PK5 Mampu Tingkatkan PAD

Makassar, PANRITA.News – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto optimis Pedagang Kaki Lima (PK5) mampu memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hingga Rp17 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Danny saat menghadiri Forum Perangkat Daerah Tahun 2019, Dinas Koperasi dan UKM, di Ruang Sipakatau, Balaikota Makassar, Kamis (14/2/2019).

Menurut Danny, untuk bisa sampai ke tahap tersebut, pemerintah harus mengambil peran strategis. Caranya dengan memberdayakan 3600 PK5.

“Ini sebagai tanggung jawab kita memperhatikan rakyat kecil. Pemerintah hadir sebagai jembatan. Kita bikinkan tempat di area termahal yang ditempati secara gratis, yakni di Kanrerong,” terangnya.

Ia menargetkan, jika sebelumnya PK5 yang hanya beromset Rp200 ribu, maka nantinya akan meningkat hingga Rp1 juta atau Rp2 juta per malam. Dan sebelum hal itu tercapai, PK5 tidak akan ditarik retribusi. “Tidak ada retribusi dipungut sebelum penghasilan Rp1 juta per malam,” tegas Danny.

Kanrerong sendiri dibangun pemerintah dengan biaya Rp9 miliar. Sebanyak 270 lapak yang disiapkan, jika omset telah mencapai Rp1 juta-Rp2juta, maka kontribusi terhadap pemerintah kota bisa mencapai Rp17 miliar. (*)

Leave a Reply