Cocok untuk Milenial, Cobalah 7 Gaya Hidup ini

Makassar, PANRITA.News – Padatnya aktivitas yang dilakukan, semakin sedikit pula waktu yang dimiliki untuk menerapkan gaya hidup sehat. Tak sedikit hal ini dirasakan oleh generasi milenial.

Namun, di tengah kesibukan sehari-hari, tidak ada salahnya jika kamu berusaha hidup sehat. Tak perlu mengubah gaya hidup secara drastis. Mulai secara perlahan saja hingga menjadi terbiasa dengan gaya hidup sehat tersebut.

Gaya hidup sehat akan membuatmu jauh dari berbagai jenis penyakit. Berikut gaya hidup sehat yang cocok buat para milenial yang bisa dicoba seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (28/1).

Gaya hidup sehat, kaum milenial,Mulailah mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. (Istimewa)

1. Mengikuti Pola Makan ala ‘Vegan’

Menjadi seorang vegan atau vegetarian tidaklah mudah karena harus menjauhi berbagai jenis makanan, seperti daging, telur, dan makanan manis. Sebagai gantinya, para vegan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada banyak manfaat yang didapatkan jika kamu menerapkan pola makan seperti vegan, seperti bentuk tubuh menjadi ideal, kulit menjadi mulus, dan rambut lebih sehat. Tak heran kalau saat ini banyak masyarakat yang berlomba-lomba menjadi vegan, khususnya masyarakat Amerika dan Eropa.

Namun, kamu tidak harus benar-benar jadi vegetarian. Kamu tetap perlu asupan protein dari hewan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi sesuai dengan aktivitas sehari- sehari.

2. Menghindari Makan di Malam Hari

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, beberapa generasi milenial menetapkan jam makan malam yang ketat. Misalnya, tidak boleh makan apapun di atas jam 7 atau 8 malam.

Cara ini sering dilakukan untuk menjaga bentuk tubuh karena produktivitas tubuh di malam hari tidak sama seperti di pagi hari. Selain menetapkan aturan jam makan malam yang ketat, kamu juga harus memerhatikan porsi makan.

Hindari makan dalam porsi yang terlalu besar karena berpotensi menimbun lemak, apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung lemak, karbohidrat, dan gula yang tinggi.

3. Olahraga Rutin di Pusat Kebugaran

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, banyak milenial yang pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Alat-alat yang disediakan oleh pengelola pusat kebugaran juga lebih lengkap, sehingga memudahkan untuk membentuk bagian tubuh tertentu.

Menariknya, pusat kebugaran telah dilengkapi dengan berbagai olahraga tambahan, khususnya untuk wanita. Sebut saja pilates, yoga, zumba, aeroboxing, TRX yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot, dan jenis olahraga lainnya.

4. Memakai Produk Kecantikan Berbahan Alami

Seiring bertambahnya waktu, produk kecantikan yang diperkenalkan di masyarakat telah mengalami perubahan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk yang telah menggunakan campuran bahan-bahan alami untuk mempercantik kulit, seperti ekstrak buah dan bunga.

Produk kecantikan berbahan alami sama sekali tidak memiliki efek samping. Jadi, sangat aman jika dipakai ke kulit wajah, terutama oleh yang memiliki kulit sensitif. Harga produk kecantikan alami sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan yang berbahan kimia. Tapi Anda dapat melirik produk-produk lokal yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Masih malas mengonsumsi air putih? Setelah mengetahui manfaat air putih, pasti akan berubah pikiran. Selain untuk mengatasi dehidrasi, air putih juga berkhasiat mencerahkan dan membuat kulit lebih kenyal.

5. Mengonsumsi Air Putih yang Banyak

Bagi yang memiliki masalah kulit kering, wajib mengonsumsi banyak air putih untuk membantu menutrisi kulit dari luar. Konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

Jika ingin mengonsumsi dalam jumlah lebih, hasilnya pasti semakin baik untuk kulit. Air putih yang diminum harus air mineral murni, bukan dicampur dengan minuman kemasan lain, ya?

6. Memerhatikan Pola Tidur Sehari-hari

Tidur secara teratur menjadi hal paling sederhana yang bisa dilakukan setiap hari, tapi sering diabaikan.

Tidur yang cukup akan membuat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Selain itu, kesehatan kulit juga lebih terjaga, seperti terhindar dari mata panda dan kulit kering. Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 7-8 jam per hari.

Kurang dari 7 jam, maka akan berpotensi menimbulkan berbagai masalah pada keesokan harinya, seperti pusing, kurang bersemangat, merasa lelah dan rasa kantuk yang berlebihan.

7. Menjauhi Kafein dan Minuman Beralkohol

Minuman berkafein sangat ampuh untuk mengatasi rasa kantuk. Tapi, kafein memiliki efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti osteoporosis dan dehidrasi. Sedangkan mengonsumsi minuman beralkohol, dapat menyebabkan kerusakan otak, jantung, kanker, dan masalah pada paru-paru.

Mengingat kafein dan minuman beralkohol sangat bahaya bagi tubuh, maka perlu menjauhi keduanya secara perlahan. Sebagai gantinya, bisa mengonsumsi jus segar, air putih, atau air lemon yang memberi manfaat bagi tubuh.

Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat

Sekarang saatnya untuk memerhatikan gaya hidup sehari-hari. Mulai dari mengubah hal kecil terlebih dahulu, seperti halnya mengubah pola makan. Jika sudah terbiasa, maka akan dapat meningkatkan gaya hidup ke level yang lebih baik secara intens agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan atau penyakit.

Leave a Reply