Sulsel Tawarkan SDM dan SDA ke Gubernur Ehime Jepang

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) menawarkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) kepada Gubernur Ehime Jepang. 

Hal tersebut ditawarkan langsung Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah  kepada Gubernur Ehime Jepang Mr Tokihiro Nakamura. 

Tokihiro Nakamura memimpin 23 delegasi di antaranya Ketua Perlemen Ehime Toshihiro Suzuki dan lainnya sebagai investor.

Menurut Nurdin Abdullah, kerjasama antara Sulsel dengan Provinsi Ehime telah berlangsung sejak 10 tahun lalu, tepatnya saat dirinya masih menjabat Bupati Bantaeng. Dalam hal ini, kedua pihak menjalin kerjasama dalam bidang kemanusiaan.

“Pemerintah Ehime melalui swasta Toyota telah memberi hibah sebanyak 157 unit damkar, ambulance, dan mobil sampah melalui Pemerintah Bantaeng,” jelas Nurdin Abdullah, saat ditemui di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa (15/1/2019).

Hibah kemanusiaan dari Ehime itu, jelas Nurdin Abdullah, dibagi kepada delapan provinsi di seluruh Indonesia.

“Kerjasama yang sudah terjalin dilanjutkan dengan yang lebih kongkrit lagi,” katanya dalam sambutan penerimaan kunjungan Gubernur Ehime di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Bentuk kongkrit kerjasama antar kedua provinsi ini jelas Nurdin Abdullah adalah pengiriman 30 putra putri Sulsel ke Jepang untuk belajar budidaya ikan.

Kehadiran pengusaha dari Ehime ini, katanya untuk pengembangan budidaya ikan tuna untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Adapupln Presiden Direktur Uwajima Project Inc sangat tertarik pengembangan tuna di Sulsel.

Sementara itu, Gubernur Ehime Tokihiro Nakamura mengatakan bahwa bangga melihat mobil pemadam kebakaran, mobil sampah, dan ambulance bantuan Jepang yang masih terpelihara dengan bagus. 

“Kami akan membangun hubungan yang lebih baik lagi ke depan. Keunggulan Ehime produksi jeruk terbaik dan produksi ikan tuna. Itu bisa dikembangkan di Sulsel,” katanya.

Tinggalkan Komentar