RSIA Prof dr HM Farid Lakukan Verifikasi Akreditasi Pertama

Makassar, PANRITA.News – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Prof dr HM Farid baru saja melakukan survei verifikasi akreditasi Rumah Sakit versi 2012 dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) tahap pertama, Selasa (8/1/2019).

Diiketahui, setiap tahunnya, selama tiga tahun, rumah sakit yang terakreditasi KARS akan dilakukan survei verifikasi. 

Ketua panitia akreditasi, Muhammad Takwa mengaku, survei verifikasi akreditasi ini dilakukan dalam rangka melihat pelaksanaan perencanaan perbaikan strategis yang telah direkomendasikan oleh surveyor dari KARS tahun lalu. 

“Alhamdulillah, kita sudah melakukan semua rekomendasi tersebut,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Survei ini juga adalah agenda tahunan dari KARS terhadap rumah sakit yang sudah terakreditasi KARS versi 2012, untuk melihat rekomendasi yang diberikan oleh para surveyor sudah dilakukan atau belum. 

Ketua Pokja KPS, Iwansyah menambahkan, akreditasi Rumah Sakit bertujuan agar rumah sakit berubah ke arah yang lebih baik. 

“Akreditasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari rumah sakit. Dengan adanya survei verifikasi akreditasi ini, maka diharapkan rumah sakit akan mampu bersaing dengan rumah sakit lainnya,” ujarnya. 

Ke depan menurut Iwan, pihaknya akan menggulirkan nilai (akreditasi) yang lebih tinggi, sehingga kualitas rumah sakit bisa lebih baik. Dalam akreditasi ini, lanjut Iwan yang terpenting harus mampu membangun budaya mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit. 

Leave a Reply