Liverpool Takluk 1-2 di Kandang Man City

Manchester, PANRITA.News – Laju tak terkalahkan Liverpool di Liga Inggris akhirnya terhenti di Etihad Stadium, Manchester, Jumat (4/1/2019) dini hari WITA. Bertanding di pekan ke-21 Liga Inggris, Manchester City menang 2-1 atas The Reds.

Dua gol tuan rumah dicetak Sergio Aguero dan Leroy Sane, sementara tim tamu hanya sempat membalas lewat Roberto Firmino.

Hasil ini tak mengubah posisi di papan klasemen, namun keunggulan Liverpool atas City makin menipis. Liverpool masih di posisi pertama dengan 54 poin, unggul empat angka dari City di posisi dua, dari yang sebelumnya unggul tujuh poin.

Bagi Liverpool, ini juga menjadi kekalahan perdana mereka di Liga Inggris. Laju tak terkalahkan mereka terhenti di pekan ke-21.

Laga sempat berjalan alot di awal babak pertama. Kedua tim bermain cukup hati-hati. Peluang pertama diciptakan Liverpool di menit ke-18. Sadio Mane nyaris membobol gawang City andai sepakannya, meneruskan umpan terobosan Salah, tidak membentur mistar.

Bola muntah sepakan Mane kemudian juga nyaris masuk ke gawang City. John Stones yang berusaha membuang bola, malah teradang oleh Ederson. Bola berbalik ke gawang, namun bisa segera disapu Stones di garis gawang.

City perlahan tapi pasti mulai menebar ancaman memasuki menit ke-30. Sampai akhirnya, gol mereka ciptakan di menit ke-40.

Adalah Aguero yang bisa memaksimalkan umpan tarik Bernardo Silva di sisi kiri. Meski mendapat kawalan dari Lovren, striker Argentina itu bisa melepaskan sepakan kaki kiri dari sudut sempit dan mengirim bola masuk ke gawang Liverpool. City unggul 1-0 hingga jeda.

Di babak kedua, City kembali langsung menekan Liverpool. Beberapa kali Sterling dan David Silva bisa merangsek ke kotak penalti lawan.

Pada menit ke-52, Fernandinho punya ruang tembak dari luar kotak penalti. Ia menendang bola liar hasil tusukan Silva, namun bola masih melayang tinggi dari gawang Liverpool.

Tiga menit berselang, Liverpool gantian mengancam. Trent Alexander-Arnold melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, namun bolanya masih mengarah ke samping gawang City.

Pada menit ke-64, Liverpool bisa menyamakan skor menjadi 1-1. Andy Robertson bisa meneruskan umpan panjang ke kotak penalti, dengan mengoper bola ke tengah. Roberto Firmino yang tak terkawal, bisa menyundul masuk bola ke gawang tanpa bisa dijangkau Ederson.

City tak patah arang. Serangan terus mereka bangun. Hasilnya, di menit ke-72, gol kedua bisa mereka ciptakan. Leroy Sane di sisi kiri bisa melepaskan sepakan kaki kiri mendatar. Bola sempat membentur mistar lebih dulu, sebelum akhirnya masuk ke gawang Liverpool. Skor menjadi 2-1, tuan rumah kembali unggul.

Di menit ke-81, City nyaris mencetak gol ketiganya. Lewat serangan balik cepat, Sterling memberi umpan terobosan ke Aguero. Aguero kemudian berusaha melewati Alisson yang coba mengejar dan melepaskan sepakan, namun bolanya masih bisa ditepis Alisson.

Dua menit berselang, Salah nyaris menyamakan skor. Mendapat umpan terobosan ke kotak penalti, Salah melepaskan tendangan ke gawang namun bisa ditepis Ederson. Bola cuma melintas di depan gawang City.

Di menit-menit akhir, City kembali nyaris membobol gawang Liverpool. Bernardo Silva bisa melepaskan sepakan jarak dekat, namun bisa diblok Alisson. Bola muntahnya kemudian disambar Sterling, namun sepakannya juga masih melenceng. Hingga laga tuntas, kemenangan 2-1 City tetap bertahan atas Liverpool.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Danilo, Stones, Kompany (Otamendi 88′), Laporte (Walker 86′), Fernandinho, Silva (Guendogan 65′), Sane, Bernardo, Sterling, Aguero

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Wijnaldum (Sturridge 86′), Milner (Fabunho 57′), Mane (Shaqiri 77′), Salah, Firmino

Leave a Reply