Di Hadapan Gubernur Sulsel, Iksan Iskandar Harap Presiden Jokowi Datang ke Jeneponto

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat memasang atribut Bupati Jeneponto di Gedung Pola Pemprov Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (31/12/2018), (Foto: Abdul Latif)

Makassar, PANRITA.News – Di hadapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Bupati Kabupaten Jeneponto, Iksan Iskandar berharap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bisa datang berkunjung di daerah yang dipimpinnya.

Harapan Iksan Iskandar untuk mendatangkan orang nomor satu di Indonesia itu, agar bisa melihat potensi alam yang dimiliki Kabupaten Jeneponto yang terkenal dengan potensi garam dan berbagai potensi alam lainnya.

Iksan menyebutkan daerah yang dipimpinnya adalah daerah yang memiliki potensi besar di Sulsel. Dengan luas 750 Km bujur sangkar luasnya. Terdiri dari dataran tinggi (gunung), dataran rendah dan laut.

Iksan menuturkan, gunung di Jeneponto menghasilkan sayur-mayur, tanaman holtikultura. Di dataran rendah, ada jagung, padi dan laut banyak potensi mulai dari garam dan rumput laut.

“Dan semuanya ini akan kita genjot. Kalau di atas udara kita, ada angin dikelola menjadi pembangkit listrik tenaga angin,” ujar Iksan Iskandar saat ditemui di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (31/12/2018).

Sementara itu, potensi lainnya adalah buah tala atau biasa disebut buah siwalan dan lontar. Buah ini bergerombol dalam tandan, hingga sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7–20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning. Berpotensi menjadi sumber energi.

“Buah tala yang selama ini kita pikirkan rencanakan bersama Mensristek. Tala mulai dari buahnya sampai airnya akan di rekayasa menjadi sebuah etanol listrik,” jelasnya.

Untuk Bendungan Kelara-Karangloe, walaupun belum selesai, namun di  tahun depan ditargetkan pembangunanya hingga 80 persen.

“Kita harapkan Bapak Presiden berkunjung ke sana agar progresnya bisa dipercepat,” pungkasnya.

Leave a Reply