Gelar Sekolah Muslim Progresif, LDMI HMI Tarbiyah Bahas Agama dan Perubahan Sosial

Gowa, PANRITA.News – Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) Al Insan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah dan Keguruan Cabang Gowa Raya menggelar program Sekolah Muslim Progressif dengan mengangkat tema “Islam Sebagai Gerakan Solutif untuk Kemanusiaan” di laksanakan di Aula Sekolah Alam Insan Kamil yang berlangsung sejak kamis, (27/12) hingga besok, minggu (30/12/2018).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri yang secara umum membahas tentang sikap seorang muslim dan perubahan sosial yang terjadi serta membahas sejarah agama-agama.

Direktur LDMI, Nur Bahiya mengatakan Kegiatan ini dilaksankan guna mewadahi kader-kader HMI dalam mengembangkan pemahaman Khazanah keislaman.

“Kegiatan ini sebagai upaya dalam menjawab fenomena sosial kemanusiaan dan untuk lembaga sendiri tentunya kegiatan ini untuk melanjutkan proses kaderisasi dalam kepengurusan LDMI agar tetap bisa berdiri sebagai penyeimbang atas pandangan miring yg biasa dilekatkan terhadap hmi,” ucapnya.

Bukan hanya itu, lanjut bahiya, tapi juga kegiatan menjadi penguatan kader dalam mempercakapkan dan mengimplementasikan  misi Nilai Dasar Perjungan (NDP) sebagai ideologi HMI dari enterpretasi Al Qur’an Hadits yang menjadi pedoman ummat muslim.

Senada dengan itu Koordinator Steering, Muzakkir berharap bahwa dengan selesainya nanti kegiatan peserta tidak lagi memandang Agama secara sempit hanya dengan ritual-ritual semata.

“Sesuai dengan tema Islam sebagai gerakan solutif terhadap problem kemanusiaan, harapannya peserta tidak lagi beragama secara borjuistik yang berarti bahwa kita kemudian beragama hanya dengan melakukan ritual-ritual dengan tujuan mengumpulkan pahala demi keuntungan pribadi,” Jelasnya.

Sementara itu, Syukur El Barsi, Mantan Direktur LDMI periode 2014-2015 juga menegaskan bahwa ruh dari mision HMI itu terlihat pada gerakan dakwah.

Menurutnya kegiatan sekolah islam progressif adalah suatu pendidikan dan pembinaan kader agar menumbuhkan nilai kritis, kreatif-inovatif secara kontiniu dan istiqomah dalam menegakkan panji-panji islam.

“Ajaran Islam itu ajaran rahmatan lil alamin, inklusif, dan progres bukan hanya pada ritual ibadah keagamaan tapi lebih pada nilai-nilai kamanusiaan,” Ujarnya.

Leave a Reply