Hendak Bentangkan Poster di Muktamar IPM, Tiga Mahasiswa Palopo Diamankan Paspampres

Sidoarjo, PANRITA.News – Acara pembukaan Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) XXI di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo resmi terselenggara dan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, (19/11/2018).

Namun, kunjungan presiden tersebut sempat diwarnai insiden mahasiswa asal Sulawesi Selatan (Sulsel) berteriak dan berupaya membentangkan poster.

Peristiwa itu terjadi usai Jokowi membuka Muktamar IPM XXI. Jokowi masih berada di kursi, usai memberi sambutan.

Paspampres bertindak cepat mengamankan mahasiswa itu. Mereka lalu dibawa menjauhi acara. Ada tiga orang yang diamankan, 1 orang dari IAIN Palopo, sementara dua lainnya dari STIEM Palopo.

Ternyata, mereka membentangkan karton bertuliskan “MEKARKAN LUWU TENGAH”. Dari foto yang diterima, terlihat karton itu kini sudah dalam kondisi robek.

Komandan Paspampres Mayjen (Mar) Suhartono menjelaskan alasan penghalauan aksi itu.

“Lalu karena masih acara, ada protokolnya, ada UU-nya. Paspampres menghalau mereka terus mengamankan ke luar arena acara. Setelah itu, mereka diserahkan ke panitia acara,” kata Suhartono.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki menyebut Jokowi siap saja menerima aspirasi. Asalkan disampaikan dengan baik.

“Kalau mau komunikasi ada jalurnya yang baik, Presiden kan mendengar, Presiden pasti merespons,” jelas Teten.

Tinggalkan Komentar