Piala AFF 2018, Indonesia Takluk 2-4 di Markas Thailand

Bangkok, PANRITA.News – Hasil mengecewakan harus kembali ditanggung Indonesia saat bertandandang ke Thailand pada lanjutan Piala AFF 2018. Timnas Indonesia menyerah dari Thailand dengan skor telak 2-4.

Memasuki babak pertama saat Melakoni laga Grup B di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018), Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan baik. Bahkan, Zulfiandi mampu membuka skor dan unggul lebih dahulu di menit ke-29.

Namun skor kembali imbang pada menit ke-38. Korrakot Wriya-Udomsin mencetak gol penyeimbang lewat tendangan langsung melengkung dari sepak pojok.

Pansa Hemviboon membuat Thailand berbalik unggul lewat golnya pada menit ke-45+2. Gol ini tercipta setelah terjadi kemelut di depan gawang Awan Setho. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tidak berubah. Setelah Andik Vermansah ditarik keluar di babak pertama, Riko Simanjuntak beralih ke sisi sayap kanan.

Adapun sisi kiri diisi Febri Hariyadi. Di awal babak pertama, Riko yang kembali menempati posisi aslinya terlihat lebih nyaman bermain.

Kesalahan lini belakang Indonesia dihukum dengan gol Adisak Kraison pada menit ke-65. Gol ketiga Thailand ini berawal dari salah umpan Awan Setho yang justru mengarah ke Thitiphan Puangjan.

Thitiphan kemudian melihat pergerakan Kraison dan memberi umpan terobosan mendatar. Kraison kemudian memutar badan untuk melewati Fachrudin sebelum melepaskan tendangan keras kaki kanan.

Thailand kembali memperlebar keunggulan pada menit ke-74. Lagi-lagi kesalahan lini belakang Indonesia berbuah gol untuk Thailand.

Lewat skema serangan balik, Pokkhao Anan lolos dari kawalan lini belakang Indonesia sejak dari tengah lapangan.

Melihat posisi Awan Setho yang sudah maju, Pokkhao mencungkil bola dan melaju mulus ke gawang Indonesia.

Tidak ada perubahan strategi yang dilakukan pelatih Bima Sakti ketika sudah tertinggagl 1-4. Pergantian pemain yang dilakukan Bima Sakti cenderung hanya untuk penyegaran dan bukan kepentingan taktik.

Di menit-menit terakhir waktu normal, tepatnya di menit ke-89, Fachrudin Aryanto menjebol gawang Thailand untuk memperkecil ketertinggalan Indonesia. Namun, gol Fachrudin tidak cukup menghindarkan Merah Putih dari kekalahan.

Susunan Pemain

Indonesia: 12 Awan Setho Raharjo, 2 Putu Gede Juni Antara, 16 Fachruddin Aryanto, 23 Hansamu Yama Pranata, 3 Alfath Faathier, 4 Zulfiandi (19 Bayu Pradana 75′), 6 Evan Dimas, 10 Stefano Lilipaly, 25 Riko Simanjuntak, 21 Andik Vermansah (13 Febri Haryadi 42′), 9 Alberto Goncalves (27 Dedik Setiawan 86′)

Thailand: 23 Tedsungnoen, 13 Roller, 4 Kerdkaew, 6 Hemviboon, 24 Wiriya-Udomsiri, 8 Puangchan, 17 Kesarat (7 Purisai 85′), 14 Sriyankem (22 Jaided 68′), 29 Dechmitr, 11 Tossakrai (21 Anan 46′), 9 Kraisorn

Leave a Reply