Usai Rakor, Ini Rencana Kerja Forum KKS Barru

Barru, PANRITA.News – Dalam rangka persiapan verifikasi Kabupaten Barru Sehat, Pemerintah Kabupaten Barru menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) Forum Kabupaten Sehat di Baruga Singkeru Adae, Jum’at (16/11/18). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Hasnah Syam yang juga Ketua Forum KKS.

Diketahui, penyelenggaraan Kabupaten Sehat merupakan bentuk realisasi peraturan bersama Mendagri dan Menkes RI No. 34 Tahun 2005 No. 1138/Menkes/PB/2005. Kabupaten Sehat bertujuan untuk terciptanya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik sosial dan budaya secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas dan prekonomian masyarakat.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut, rencana Kerja forum KKS Barru dalam waktu dekat adalah Roadshow ke Kecamatan dan Desa, pembinaan forum komunikasi di tujuh kecamatan, pembinaan Pokja Desa/Kelurahan.

Dalam sambutannya, Hasnah Syam mengemukakan pentingnya program ini. Kabupaten sehat menurutnya adalah suatu kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.

Baginya, hal tersebut dapat dicapai melalui terselenggaranya beberapa tatanan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat di kecamatan untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan, perencanaan antar desa.

Menurutnya, hal itu dapat dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat dalam mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.

“Untuk itu tetaplah menjalin koordinasi, komunikasi yang baik antar sesama” tegas Hasnah Sayam.

Leave a Reply