Hadiri Acara Mappalili, Bupati Barru Harapkan Sinergitas Pemerintah dan Mayarakat

Barru, PANRITA.News – Sebagai budaya lokal yang terus dilestarikan, acara Mappalili kembali digelar di Barru. Kali ini, acara tersebut dilaksanakan oleh Kelompok Tani Makkalitutue Tingkat Desa Lampoko Kecamatan Balusu Musim Tanam 2018/2019, Kamis, (15/11/18).

Untuk diketahui, acara Mappalili tersebut merupakan kegiatan turun temurun dan sudah membudaya di Kabupaten Barru. Kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama. Adapu kegiatan Mappalili ini dilakukan sebagai tanda dimulainya musim tanam. Para petani secara bersama-sama turun dan menggarap sawahnya dengan harapan memiliki hasil panen yang lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Barru, Suardi Saleh mengapresiasi masyarakat dengan menekankan makna dibalik kegiatan ini.

“Mappalili ini sarat akan banyak makna, kita ingin melaksanakan tanam padi dengan hasil yang melimpah dan kualitas padi yang baik,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suardi Saleh, manyampaikan harapannya kepada seluruh gabungan kelompok tani agar tetap menjaga dan meningkatkan hasil produktifitas pertaniannya.

“Agar produktifitas hasil pertanian kita semakin meningkat, maka dibutuhkan sinergitas baik antara pemerintah dan petani, maupun sesama gabungan kelompok tani yang ada,” kata Bupati Barru dalam sambutannya.

Terkhusus untuk kelompok tani Desa Lampoko, Bupati Barru meminta agar kebersamaan dalam bertani lebih ditingkatkan lagi.

“Saya berpesan agar dalam bertani jangan hanya mementingkan diri sendiri tapi utamakan kelompok, dan diharapkan hasil panen bisa semakin meningkat,” ujarnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Barru, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barru.

Leave a Reply