Peringati Hari Pahlawan, Bupati Bulukumba Ziarah di Taman Makam Pahlawan Andi Sulthan Daeng Radja

Bulukumba, PANRITA.News – Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November kembali diperingati di Kabupaten Bulukumba.

Peringatan Hari Pahlawan yang ke 73 tahun 2018 kali ini dilakukan dalam bentuk upacara di Lapangan Pemuda dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong dan Taman Makan Pahlawan Nasional Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre, Sabtu (10/11).

Untuk ketiga acara tersebut, Bupati, Wakil Bupati dan Dandim bergantian menjadi Inspektur atau pemimpin acara.

Pada upacara di Lapangan Pemuda, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali bertindak selaku Inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh elemen di Kabupaten Bulukumba, diantaranya, Ketua DPRD, Forkopimda, para veteran, tokoh masyarakat, tokoh agama, BUMN, jajaran Pemkab Bulukumba, TNI Polri, para mahasiswa dan pelajar SD SMP dan SMA.

Dalam upacara tersebut, Bupati AM Sukri Sappewali membacakan sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita. Dalam sambutannya Menteri Sosial mengatakan tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah:

“Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara” kata Menteri Sosial dalam sambutannya yang dibacakan oleh AM Sukri Sappewali.

“Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” sambung Sukri.

Usai upacara, Bupati dan rombongan melanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong. Di TMP ini Dandim 1411 Letkol ARM Joko Triyanto bertindak selaku Inspektur dan meletakkan karangan bunga di tugu TMP.

Adapun Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre Kecamatan Gantarang, dipimpin oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto.

Andi Sulthan Daeng Radja lahir pada 20 Mei 1894 dan wafat pada 17 Mei 1963. Diangkat menjadi Pahlawan Nasional pada 3 November 2006, saat itu AM Sukri Sappewali menjadi Bupati Bulukumba untuk periode pertamanya.

Tinggalkan Komentar