Ketua TP PKK Barru Canangkan Sekolah Ramah Anak

Barru, PANRITA.News – Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Barru, Hj. Hasnah Syam, melakukan pencanangan program Sekolah Ramah Anak (SRA), Kamis, (01/11/2018).

Hasnah Syam mengungkapkan bahwa program ini digagas sebagai satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

SRA ini juga diharapkan mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya.

Hasnah menambahkan bahwa SRA mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Adapun dalam penerapan program ini, Ketua TP. PKK Kab. Barru menuturkan bahwa dalam proses belajar mengajar, guru perlu menghindari hukuman secara fisik pada anak-anak yang melakukan kesalahan. Baginya, gjru harus mengedepankan upaya dan pendekatan yang lebih komunikatif sehingga membuat anak merasa nyaman.

“Jangan sampai di rumah disayang-sayang, di sekolah dibentak-bentak guru sehingga anak trauma tidak mau sekolah. Intinya pihak sekolah memberikan hak anak secara penuh. Terpenting, selama proses kegiatan belajar mengajar tidak boleh ada kekerasan fisik dan psikis,” ungkapnya.

Dimetahui, kegiatan ini dilakukan di 2 sekolah berbeda yang ditunjuk mewakili pencanangan Sekolah Ramah Anak. Diantaranya adalah SMA Negeri 1 Barru dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Mangempang Kabupaten Barru.

Tinggalkan Komentar