Ketua TP PKK Barru Serahkan Sertifikat ODF Desa Pujananting

Barru, PANRITA.News – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Barru, drg. Hj. Hasnah Syam menghadiri acara Deklarasi Desa Stop BABS (ODF) Desa Pujananting di Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kamis (11/10/2018).

Dalam acara tersebut, drg. Hasnah Syam juga menyerahkan sertifikat ODF yang diterima langsung oleh Kepala Desa Pujananting.

Sertifikan diserahkan atas pencapaian Desa Pujananting sebagai Desa dengan status ODF (Open Defecation Free) karena seluruh masyarakatnya sudah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS).

Kepala Desa Pujananting, Abd. Rahman mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa selama ini telah dua kali berturut-turut dalam 3 tahun menganggarkan perlengkapan jamban bagi masyarakat Desa. Sehingga Desa Pujananting mampu meraih gelar Desa ODF atau Desa yang bebas dari BABS.

“Apa yang telah kita raih hari ini tidak terlepas dari kerja sama serta dukungan seluruh masyarakat Desa Pujananting melalui stop BABS ini, sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Dengan adanya kesadaran masyarakat akan hal ini sehingga mampu mendorong Kabupaten Barru tang nantinya dalam hal akselerasi Universal Access terhadap sanitasi pencapaian Kabupaten Barru yang ditargetkan menjadi Kabupaten ODF 2018.

“Apa yang telah kita dapat hari ini merupakan buah perjuangan dan upaya yang telah kita lakukan selama berpuluh tahun,” pungkas Kepala BPMD yang turut hadir mewakili Bupati Barru.

“Dengan merubah kesadaran dalam berprilaku hidup sehat masyarakat dari buang air besar sembarangan menjadi stop BABS sehingga status Desa Pujananting sebagai stop BABS akan tetap berkelanjutan dan bahkan kualitas sarana jamban keluarga yang digunakan oleh masyarakat juga semakin meningkat,” lanjutnya.