FOTO: Dahsyatnya Topan Jebi Hantam Jepang

Dahsyatnya Topan Jebi Hantam Jepang

Tokyo, PANRITA.News – Topan Jebi yang menghantam pantai Jepang sejak Selasa (4/9/2018) pagi, mengakibatkan sedikitnya sembilan orang meninggal dunia dan 300 jiwa lainnya luka-luka.

Topan besar ini juga mengganggu jadwal penerbangan, menghancurkan puluhan kendaraan, mematikan daya listrik dan memaksa warga untuk evakuasi.

Jepang memerintahkan lebih dari satu juta warganya untuk dievakuasi pada Selasa, 4 September 2018.

Selain itu, ratusan penerbangan harus dibatalkan akibat angin kuat yang meluluhlantakkan seluruh pelosok negeri sakura itu.

Cuaca ekstrem ini membuat 3.000 wisatawan terdampar di Bandara Internasional Kansai, di mana 162 penerbangan dibatalkan. Beberapa mesin pesawat dikabarkan rusak akibat banjir yang melanda landasan pacu.

Hingga Rabu pagi, petugas bandara mulai menawarkan perjalanan gratis menggunakan kapal feri menuju Bandara Kobe di Prefektur Hyogo karena Bandara Kansai akan tutup selama hari Rabu ini.

Topan Jebi membawa angin kencang berkecepatan 208 km per jam, menghancurkan 1,6 juta rumah dan memutus aliran listrik di wilayah Osaka.

Badai Jebi tersebut adalah yang terkuat selama 25 tahun terakhir di negara Jepang. Badan meteorologi Jepang mencatat, Topan Jebi mulai berkurang pada Rabu pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Tinggalkan Komentar