KOPINDO Wakili Asia Pacific di Forum “Europe Development Days”

Brussel, PANRITA.News – Europe Development Days merupakan forum terkemuka di Eropa mengenai kerjasama dan pembangunan Internasional. Tahun ini EDD 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juni 2018 di Tour & Taxis, Brussel. EDD 2018 yang merupakan program ke-12 sejak tahun 2006 akan fokus pada kesetaraan gender dan pemberdayaan keterlibatan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan.

Tema EDD 2018 adalah “Women and Girls at the Forefront of Sustainable development: protect, empower, invest”. Dari tema tersebut akan di bagi kedalam 3 tema yakni, Keutuhan fisik dan psikologis perempuan; Hak/ pemberdayaan sosial-ekonomi perempuan; dan Suara dan partisipasi untuk perempuan.

EDD 2018 akan dihadiri oleh tokoh-tokoh kunci dari gerakan hak-hak perempuan, Kepala Negara, pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, pengusaha, pemuda, serta organisasi non-pemerintah dan akademisi. Setiap tahun, forum ini menarik lebih dari 6000 peserta dari lebih 140 negara, mewakili 1200 organisasi dan komunitas.

Beberapa Topik yang akan dibahas pada EDD 2018 diantaranya mengenai akses ke pendidikan dan pekerjaan, kewirausahaan, menegakkan kerangka hukum dan kebijakan yang menangani semua bentuk kekerasan berbasis seksual dan gender, serta masalah sosial mulai dari hak asasi perempuan dan peran perempuan untuk perubahan iklim.

Pada EDD 2018 kali ini akan menjadi tuan rumah Young leaders Programme. Program ini mengundang perwakilan pemuda di seluruh dunia untuk berbicara di high level panel untuk membawa perspektif baru dari generasi baru. Tahun ini, 15 orang muda dari seluruh dunia yang telah menunjukkan kemampuan dalam kepemimpinan mereka pada tingat lokal pada salah satu topik EDD 2018 akan diundang ke EDD di Brussels. Mereka akan berbagi pandangan dan pengalaman mereka dengan Kepala Negara dan pemerintah serta komunitas pembangunan.

Youth as key actors of change

Youth as key actors of change adalah salah satu sesi dari forum Young Leaders Programme yang akan diselenggarakan oleh Cooperitives Europe. Tema dari sesi tersebut adalah “Young people at the forefront of gender equality and women’s empowerment: community-driven economic initiatives” dengan beberapa pembicara anak muda dari berbagai negara.

Anak muda terpilih yang akan menjadi pembicara dalam sesi ini diantaranya Lorenzo Novaro (Cooperatives Europe), Yentil Williams (ACP Young Proffesional Network), Anis Saadah (Indonesian Youth Cooperative Federation), Sergi Corbalan ( Fair Trade Advocacy Office), Joanna Bernice Coronacion (ITUC AP-Youth Committee 2nd substitute Trade Union Confederation).

Pembicara mewakili generasi muda yang menekankan pada pemberdayaan dan kesetaraan gender. Pembicara dari berbagai latar belakang akan melibatkan peserta untuk mendiskusikan peran aktif pemuda dalam pembangunan dan bagaimana memperkuat suara dan kepemimpinan mereka.

Audience juga akan membahas kontribusi dari bisnis yang berpusat pada people dalam mempromosikan pengembangan yang dipimpin oleh pemuda, serta peran nyata dari orang muda dalam mempromosikan hak-hak ekonomi dan sosial perempuan. Berbagi pengalaman, memeberikan masukan dan rekomendasi mengapa dan bagaimana memajukan partisipasi dan pemberdayaan generasi muda untuk pencapaian Agenda 2030.

KOPINDO

Kopindo sebagai federasi koperasi pemuda di Indonesia merasa terhormat atas terpilihnya sebagai lembaga yang mewakili Asia Pacific dalam forum EDDs 2018 yang dalam hal ini diwakili oleh Anis Saadah sebagai Pengurus KOPINDO sejak tahun 2014.

“Ini adalah hasil kerja kolektif dari berbagai pihak dalam pengembangan koperasi pemuda di Indonesia. Kolaborasi adalah kunci utama bagi pemuda koperasi agar tidak terjebak dalam kotak dan mampu memberikan insight yang lebih luas.“ kata Anis.

Generasi muda yang akan menjadi mayoritas pada tahun 2030 adalah aktor kunci dalam menciptakan ide dan memberikan solusi baru untuk masalah global yang paling penting. Begitu pula dengan pemuda koperasi di Indonesia, gagasan, perspektif, mereka mampu memberikan solusi dari berbagai persoalan koperasi hari ini.(***)

Tinggalkan Komentar