Penerimaan CPNS 2018 Dibuka, Ini Jadwal Pelaksanaan dan Kuota yang Akan Diterima

Jakarta, PANRITA.News – Informasi mengenai penerimaan CPNS 2018 adalah kabar yang paling dinantikan oleh calon pendaftar. Pasalnya, penerimaan CPNS yang rencananya dilaksanakan di awal Tahun 2018 hingga saat ini masih tertunda karena berbagai alasan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akhirnya memberi kabar baik bahwa penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan dibuka pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

“Saat ini kami sedang menghitung kebutuhan PNS secara riil. Tes penerimaan CPNS 2018 pun akan digelar usai Pilkada.” Ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur saat dikonformasi.

Jadwal Pelaksanaan Penerimaan CPNS 2018

Badan Kepegawaian Negara menaksir tes CPNS 2018 akan dilangsungkan sekitar seminggu hingga tiga minggu setelah hari pencoblosan yang akan dihelat 27 Juni 2018 mendatang. Atau sekitar antara 7 hingga 17 Juli 2018.

Kuota yang Akan Diterima

Kementerian PAN-RB juga menargetkan jumlah pendaftar yang akan diterima sekira 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Hal tersebut sesuai dengan sistem minus growth yang diterapkan pemerintah. Artinya, Jumlah CPNS yang akan diterima tak akan melebihi jumlah pensiunan.

Kementerian PAN-RB saat ini juga tengah menyusun formasi yang tepat untuk CPNS 2018. Seperti halnya terkait kompetensi yang harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan. Termasuk, menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan.

Dengan demikian, sebelum pemerintah memutuskan pembukaan CPNS, pihaknya sudah mengetahui seseorang itu ditempatkan di mana saja dan di unit kerja mana. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk minta pindah.

“Misalnya untuk guru, guru SD di mana, guru SMP di mana, gitu. Jadi tidak ada alasan nanti. Ya mungkin diberlakukan mungkin 5 tahun baru dia pindah,” jelas Asman.

Tinggalkan Komentar