Kasihan…! Ribuan Guru Honorer Diminta Kembalikan Uang Transportasi Selama 2017

Kendal, PANRITA.News – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia menemukan kesalahan dalam laporan keuangan tahun 2017 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kendal. Akibatnya, ribuan guru honorer/ guru tidak tetap (GTT) kabupaten Kendal terpaksa mengembalikan uang transportasi yang mereka terima selama tahun 2017.

Meski honor mendidik dan mengajar yang jauh di bawah UMK, para guru harus mengembalikan uang yang nominalnya yang tidak sedikit.

Sekda kabupaten Kendal, Muh Toha saat dikonfirmasi oleh Tribunjateng.com, membenarkan hal itu. Ia mengatakan hal itu terjadi karena BPK menemukan kesalahan pada laporan keuangan. Itu terjadi pada bagian pemberian uang transportasi dengan bantuan uang saku untuk guru tidak tetap.

“Kami akan menggunakan langkah yang lebih bijak pada tahun 2018 yaitu dengan menaikkan bantuan uang saku guru honorer sehingga mereka tidak keberatan dengan pengembalian uang itu,” ujarnya.

Ia menambahkan karena berkaitan dengan pengembalian uang tersebut, pemkab belum membatasi sampai kapan pengembalian itu. Ia mengatakan proses pengembalian itu dilakukan secara bertahap.

“Kami melihat subyek dari yang diminta mengembalikan uang itu adalah guru tidak tetap. Apalagi penghasilan mereka tidak banyak, kami tidak langsung meminta para guru untuk mengembalikan secara langsung,” pungkasnya.

Editor: Ahmad
Sumber: Tribun Jateng

Tinggalkan Komentar