Barca Obok-Obok Real Madrid 3-0

Barcelona

Barcelona

Madrid, PANRITA.News – Barcelona meraih kemenangan 0-3 atas Real Madrid di laga El Clasico. Hasil tersebut membuat El Barca kini unggul 14 poin dari Madrid. Bermain di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) malam WIB, Barca mendominasi jalannya pertandingan dengan ball possessoin 56 persen berbanding 44 persen. Barca lebih banyak mengurung pertahanan El Real, serangan balik yang dilancarkan Madrid kerap putus saat memasuki area sepertiga permainan lawan.

Barca total melepaskan 16 shots, 12 diantaranya mengarah ke gawang sedangkan Madrid hanya lima kali melakukan shots on goal yang masih bisa diantisipasi kiper Marc-Andre Ter Stegen.

BACA JUGA: Barca dan Madrid “Drama Benci untuk Mencinta”

Madrid mengambil inisiatif menyerang di menit awal laga, menit ketiga gawang Barca bergetar. Operan Toni Kroos kepada Casemiro lalu diteruskan kepada Cristiano Ronaldo yang kemudian membobol gawang Ter Stegen. Tetapi, gol dianulir wasit karena adanya offside dalam proses terjadinya gol.

Tuan rumah masih menekan Barca sampai menit kesepuluh, Ronaldo gagal meneruskan umpan matang dari Kroos di area penalti. Berdiri bebas, kaki Ronaldo sama sekali tidak mengenai bola.

Barca baru bisa keluar dari tekanan Madris selepas menit ke-20. Peluang bagus pertama tim tamun didapat Paulinho. Mendapat operan dari Lionel Messi, Paulinho menyontek bola. Tetapi, bola masih bisa ditepis Keylor Navas.

BACA JUGA: Hasil Liga Champions: Barcelona dan Chelsea Lolos, MU Tertahan

Tak lama berselang, giliran Madrid yang mengancam gawang Barca. Ter Stegen mampu membelokkan arah bola sepakan Ronaldo dari sisi gawangnya.

Menit ke-34, Ronaldo lolos dari jebakan offside. Ia berlari mendekati area penalti Barca kemudian memberikan bola ke tengah ke arah Benzema yang dikawal Gerard Pique dan Ivan Rakitic, skema ini akhirnya tak membuahkan apa-apa.

Barca hampir saja membuka keunggulan di menit ke-39. Bola sundulan Paulinho ke pojok bawah gawang Madrid tapi masih bisa ditepis Navas.

Tiga menit kemudian giliran Madrid gantian menebar ancaman. Benzema membelokkan umpan silang, tetapi bola sundulannya masih digagalkan tiang gawang. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di awal babak kedua, Barca bermain lebih agresif. Penetrasi Suarez di menit ke-48 masih bisa dihentikan oleh Navas. Lima menit berselang, penetrasi Jordi Alba dari sayap kiri diakhiri umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti, disitu ada Suarez yang membelokkan bola. Untung bagi Madrid bola masih bisa ditangkap dengan baik oleh Navas.

Publik tuan rumah terhenyak di menit ke-54. Berawal dari solo run Rakitic dari tengah lapangan, dia masuk ke area penalti kemudian memberikan operan kepada Sergio Roberto di sisi kanan, dia melepaskan umpan mendatar ke tiang jauh. Suarez yang tanpa pengawalan tanpa cela menaklukkan Navas dengan sepakan kaki kanan, skor 0-1 bagi Barca.

Tertinggal satu gol, Madrid berusaha keluar dari tekanan. Mereka lebih banyak melakukan serangan dari sisi sayap kiri yang diisi Marcelo. Beberapa kali bola umpannya kepada Ronaldo dan Benzema masih bisa diantisipasi bek Barca.

Petaka bagi Madrid terjadi di menit ke-63, Suarez mendapat umpan terobosan yang membuatnya berhadapan satu lawan satu dengan Navas, usahanya masih bisa diblok, bola rebound coba diteruskan Paulinho dengan sundulan. Dani Carvajal mencegah bola masuk ke gawang dengan tangannya. Wasit langsung memberikan kartu merah dan memberikan penalti. Messi yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menjadikan skor 0-2.

Tertinggal dua gol serta harus bermain dengan 10 orang membuat Madrid semakin tertekan. Alur serangan mereka kerap dengan mudah digagalkan pemain bertahan Barca. Masuknya Gareth Bale menggantikan Kovacic juga belum banyak memberikan dampak signifikan.

Bale sekali melepaskan sepakan on target di menit ke-79, namun kirimannya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan baik oleh Ter Stegen.

Menit ke-81, Sergio Ramos menguji Ter Stegen dari jarak dekat. Sepakan kaki kiri Ramos masih bisa diblok Ter Stegen dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tak berselang lama, Ramos kemudian melewatkan bola sodoran dari Ronaldo di area penalti.

Memasuki masa injury, serangan Barca belum surut. Hasilnya, mereka mampu menambah gol di menit ke-93. Messi berperan dalam terciptanya gol ketiga, The Messiah memberikan assist kepada Aleix Vidal untuk membobol gawang Madrid dari jarak dekat.

Hingga peluit akhir skor 0-3 bagi keunggulan Barca tak berubah. Dengan hasil ini Barca melanjutkan tren tak terkalahkan serta memperkuat posisi mereka di puncak klasemen. Skuad asuhan Ernesto Valverde mengemas nilai 45 dari 17 pertandingan, atau unggul 14 poin dari Madrid di posisi empat yang baru bermain 16 kali.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas, Carvajal (KM 63′), Varane, Ramos, Marcelo, Casemiro (Asensio 72′), Modric, Kroos, Kovacic (Bale 72′), Ronaldo, Benzema (Nacho 66′)

Barcelona: Ter Stegen, Roberto (Vidal 90′), Pique, Vermaelen, Alba, Busquets, Rakitic, Iniesta (Semedo 77′), Paulinho (Gomes 84′), Messi, Suarez

Tinggalkan Komentar