50 Kelompok Nelayan di Bulukumba Dapat Bantuan 171 Unit Rumpon

Bulukumba, PANRITA.News – Pemkab Bulukumba melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan bantuan rumpon secara gratis kepada kelompok nelayan, di Kelurahan Ela-Ela, Senin, 28 November 2022. 

Kali ini, total 171 unit rumpon diserahkan kepada 50 kelompok penerima.

Usai menerima bantuan rumpon, nelayan mengaku akan menjaga dan merawatnya baik-baik. Sebelum memasang rumpon itu, nelayan akan mengonsultasikannya ke Dinas Perikanan.

“Bantuan rumpon ini sangat membantu kami sebagai masyarakat kecil di daerah pesisir. Kita akan jaga dan rawat baik-baik. Terimakasih Pak Bupati,” kata salah satu perwakilan kelompok Al Fikri, Kelurahan Mariorennu, Kecamatan Gantarang, Sahiruddin

“Sebelum dipasang, kita terlebih dahulu konsultasikan ke Dinas Perikanan untuk titik yang aman dari jalur pelayaran,” sambungnya.

Tak hanya rumpon, Pemkab Bulukumba juga menyerahkan kerambah rumput laut sebanyak 87 unit. Keramba ini juga, akan lebih membantu petani budidaya rumput laut.

Perwakilan kelompok Jaya Bersama, Kelurahan Ela-ela, Kecamatan Ujung Bulu, Idris berharap agar program bantuan pemerintah ini dapat berhasil dan berjalan dengan baik.

“Terimakasih Pak Bupati. Efek dari adanya bantuan ini, biaya kita akan lebih hemat dan efisien,” tuturnya.

Idris kemudian membandingkan jika menggunakan keramba rumput laut daripada tali. Menurutnya, biaya akan lebih mahal jika menggunakan tali bentang.

“Harga satu ikatnya saja mahal. Kalau keramba rumput laut langsung dikasi turun, tidak pakai pengikat lagi, tidak banyak lagi biaya. Pengeluaran sedikit,” katanya. 

Kadis Perikanan Bulukumba, Asrar Andi Amir mengemukakan bahwa bantuan ini berupa rumpon dan keramba rumput laut untuk tahun anggaran 2022. 

“Bantuan ini untuk nelayan skala kecil dan pembudidaya rumput laut. Tujuan dari bantuan ini, agar ada peningkatan produktifitas,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain anggaran dari DAU, DID dan DAK, Pemprov Sulsel juga memberikan bantuan delapan unit rumpon kepada dua kelompok.

“Ada juga bantuan provinsi, sebagai contoh bagi nelayan kita. Insya Allah tahun 2023 akan lebih banyak lagi,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyebut bantuan ini diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat lebih produktif, sebagai salah satu perwujudan visi misinya.

“Ini untuk saudaraku semua. Kalau ada warga yang mau mancing di situ, jangan dihalangi. Tinggal ketua kelompok, memenej baik-baik pengelolaannya,” katanya.

Menurut bupati yang akrab disapa Andi Utta, anggaran rumpon ini tergolong cukup besar. Sehingga, kelompok penerima harus betul-betul menjaga dan merawat baik-baik rumpon tersebut.

“Tolong kita jaga. Jangan diturunkan di jalur pelayaran, karena akan putus. Selain itu, akan berefek ke kapalnya. Semoga hasilnya nanti, saudara sudah bisa menambah sendiri rumpon,” jelasnya.

Turut hadir dalam penyerahan rumpon tersebut, Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf beserta jajaran Dinas Perikanan Bulukumba.(*)

Tinggalkan Komentar