Tanggap Bencana, BPBD Bontang Miliki Kendaraan Taktis

Bontang, PANRITA.News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang sigap menanggulangi bencana dengan sejumlah kendaraan taktis.

Adapun kendaraan taktis yang dimiliki.  Pertama, sebanyak 4 unit perahu karet. Gunanya sebagai alat bantu ketika terjadi bencana banjir. Petugas menggunakan perahu itu untuk mengevakuasi korban banjir dan memberikan bantuan makanan serta pakaian.

Kemudian, sebanyak 2 perahu lipat. “Perahu karet dan lipat ini sangat penting untuk evakuasi korban banjir,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bontang Irwan Febrayana saat dikonfirmasi, Selasa (20/9/2022).

Kedua, speed boat. Armada yang dimiliki sebanyak 3 unit. Fungsinya, dapat mengevakuasi korban, pencarian korban dan patroli laut di pulau terluar bontang, seperti Pulau Segajah, Malahing dan Beras Basah. Patroli laut dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Speed boat yang kami miliki ditempatkan di pangkalan Angkatan Laut sebanyak satu unit. Dan dua unit berada di dermaga Bontang Kuala,” terangnya.

Ketiga, sebanyak 1 unit jeep fire. Fungsi utamanya untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan sebagai penunjang pemadam kebakaran pemukiman. Kapasitas yang dimiliki 200 liter.

Keempat, sebanyak 1 unit mobil tangki. Fungsinya menyuplai air untuk jeep fire dan suplai air minum saat warga membutuhakan dalam kondisi kekeringan. Kapasitas 5000 liter.

“Kalau jeep fire ini pinjam pakai dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Santan. Secara berkala akan dulakukan perpanjangan setiap 6 bulan sekali,” ungkapnya.

Kelima, mobil double gardan. Kendaraan taktis ini dapat mengakses lokasi bencana di segala medan. Jumlahnya 8 unit. “Kami juga memiliki 1 mobil operasional pikap,” ucapnya.

Terakhir, motor trail. Kendaraan taktis ini berfungsi untuk patroli Karhutla. Dalam patroli, petugas melakukan edukasi tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar. ” Kami memiliki 33 unit motor trail. Dengan adanya motor ini, petugas menjadi lebih mudah saat mengakses lokasi bencana di segala medan,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar