Cuaca Ekstrem di Kaltim, BPBD Bontang Imbau Warga Tak Panik

Bontang, PANRITA.News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang mengimbau agar warga tidak panik atas cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah di Kalimantan Timur. 

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai potensi belokan angin disertai daerah pertemuan angin (konfiluen) di Kaltim meliputi, Kota Balikpapan dan Samarinda. Kemudian, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, dan Kutai Barat. 

Beberapa wilayah ini telah diimbau meningkatkan kewaspadaan atas cuaca ekstrem yang terjadi pada 19 September hingga 21 September 2022.

“Masyarakat tidak perlu panik. Ada baiknya, ini memberikan edukasi kepada kita semua untuk selalu bersiap siaga, walaupun Bobtang tak disebutkan,” kata Kepala BPBD Bontang Zainuddin melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bontang Roni Apriansyah saat dikonfirmasi, Senin (19/9).

Dalam rilis BMKG menyebutkan kondisi cuaca berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dapat disertai petir dan angin kencang.

Melihat itu, Ia mengatakan, BPBD Bontang telah menyiapkan tim siaga bencana dalam mengantisipasi dampak cuaca ekstrem tersebut. Dan mengadakan pemantauan untuk pencegahan dini.

“Tim BPBD Bontang selalu siaga. Kami selalu memantau dan akan memberikan informasi terbaru,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar