Wabup Selayar Tanda Tangani Deklarasi BIAN Sulsel 

Makassar, PANRITA.News – Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif mewakili unsur Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan turut menandatangani Deklarasi atau Kesepakatan Bersama segenap stakeholders, Kamis (11/8) siang di Hotel Claro Makassar.

Deklarasi ini bertujuan untuk mencapai Target Nasional minimal 95 persen dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kesepakatan bersama ini tertuang dalam “Rencana Tindak Lanjut” bersama mensukseskN BIAN dari seluruh peserta yang mengikuti pertemuan Review Hasil Pelaksanaan Dan Action Plan di masa Perpanjangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Sulawesi Selatan.

Deklarasi yang telah ditandatangani oleh semua unsur peserta, memuat 7 (Tujuh) point penting, yakni : 

1. Memastikan seluruh sasaran BIAN di sekolah sekolah dapat diimunisasi;

2. Memastikan semua anak usia 0-59 bulan hadir pada kegiatan Posyandu di bulan  Agustus 2022 melalui support dari tim Penggerak PKK;

3. Membentuk Tim BIAN di tingkat desa untuk memastikan semua anak di setiap desa telah mendapatkan imuniasai;

4. Memaksimalkan penggunaan dana desa untuk  kampanye imunisasi, penyuluhan, dan pemberian imunisasi anak dalam rangka mendukung pencapaian SDG’s Desa;

5. Menetapkan target harian yang harus dikejar oleh Tim BIAN Desa;

6. Memaksimalkan edukasi pada semua lapisan masyarakat, terkhusus orang tua anak yang menjadi sasaran imunisasi melalui lintas sektor;

7. Memanfaatkan Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI untuk menjangkau sasaran BIAN melalui Dukungan Pemerintah Daerah.

Deklarasi kesepakatan bersama Pemerintah dan lintas sektor ini turut ditandatangani unsur TNI (Kesdam), Unicef, Dinkes Provinsi, PKK Provinsi, POLRI (Biddokkes), Ormas (PWNU), Dinas Kesehatan Kabupaten diwakili Kab. Pinrang, dan organisasi profesi kesehatan diwakili Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran (ISMKI).

Selanjutnya, deklarasi hasil pertemuan tersebut akan dijadikan sebagai acuan terbitnya surat instruksi Gubernur terkait percepatan pelaksanaan BIAN di Sulawesi Selatan untuk menjadi perhatian Pemerintah Daerah dan seluruh lintas sektor terkait.

Harapannya Sulsel yang saat ini di posisi kedua teratas capaian nasional BIAN dapat kembali meraih predikat provinsi dengan capaian imunisasi terbaik se Indonesia sebagaimana raihan prestasi atas capaian tertinggi Imunisasi Dasar Lengkap tahun 2021 yang lalu.

Tinggalkan Komentar