Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Terus Menurun

Jokowi Resmi Cabut 2.078 Izin Usaha Pertambangan

Presiden Indonesia, Joko Widodo

Jakarta, PANRITA.News – Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil surveinya terkait dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden RI, Joko Widodo (Widodo).

Berdasarkan survei yang dilakukan pada Februari 2022 lalu, survei itu terbilang cukup tinggi.

“Mayoritas cukup atau sangat puas atas kinerja Jokowi sebagai presiden, 66,3 persen (survei Februari 2022). Yang kurang atau tidak puas sama sekali sekitar 29,9 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi dalam jumpa presnya di Jakarta, belum lama ini.

Dia menjelaskan, survei itu dilaksanakan pada 25 Februari hingga 1 Maret 2022, melibatkan sedikitnya 1.197 responden dengan metode simple random sampling. Dan margin of error, kurang lebih 2,89 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari angka 66,3 persen itu, Djayadi merincikan, jika 7,5 persen di antaranya adalah warga yang mengaku sangat puas terhadap kinerja Jokowi.

Selanjutnya, 58,8 persen cukup puas. Kemudian sebanyak 23,7 persen warga mengaku kurang puas, dan 6,2 persen tidak puas sama sekali atas kinerja Jokowi.

“Tapi itu tidak berarti masyarakat setuju untuk menunda pergantian kepemimpinan nasional pada Pemilu 2024,” ucap Djayadi menambahkan.

Meski survei itu cukup tinggi, trennya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya yang dilakukan LSI.

Pada November 2021 lalu, survei kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi yakni 72,0 persen. Sedangkan pada Desember 2021, turun menjadi 71,4 persen. (*)

Tinggalkan Komentar