Tenggat Waktu Habis, Sulsel Akan Dipimpin Gubernur Tanpa Wakil

PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy

PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Makassar, PANRITA.News – Tenggat waktu pengisian jabatan Wakil Gubernur Sulsel berakhir hari ini, Sabtu, 5 Maret 2022. Dengan demikian, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dipastikan solo karier alias ‘jomlo’ mengendalikan pemerintahan Provinsi Sulsel hingga tahun depan.

Berakhirnya waktu pengisian jabatan 02 Sulsel merujuk UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 176 ayat 7 bahwa; pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 (delapan belas) bulan terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut. Dan hari ini adalah tepat 18 bulan sisa masa jabatan gubernur-wakil gubernur Sulsel hasil Pilgub 2018.

Sejatinya, Provinsi Sulsel bisa memiliki wagub bila Keppres pengangkatan Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur Sulsel terbit sebelum penanggalan 5 Maret 2022. Namun, usulan DPRD Sulsel ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk segera men-definitifkan ASS, masih belum terbit hingga hari ini. Padahal, DPRD Sulsel sudah mengusulkan pengangkatan itu pada akhir Januari 2022.

Rumor yang beredar, Presiden baru akan melantik ASS pada pekan depan. Kabarnya, pada tanggal 7 atau 10 Maret di Istana Presiden.

Tinggalkan Komentar