Sudah 506 Kasus Terkonfirmasi, Kemenkes: Omicron Mulai Mendominasi

Kasus Varian Omicron Kembali Bertambah, Total 8 Orang

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi

Makassar, PANRITA.News – Kementerian Kesehatan RI mencatat penambahan kasus Omicron di Indonesia. Per Senin (10/01) terdapat penambahan 92, sehingga total konfirmasi Omicron sebanyak 506 kasus.

“Jika dilihat dari perkembangannya, konfirmasi Omicron cenderung mengalami peningkatan, dari pemeriksaan SGTF, kasus probable omicron pada PPLN cenderung meningkat, hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron yang mulai mendominasi” ungkap Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan resmi, Rabu (12/01/2022).

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk bersiap menghadapi gelombang Omicron, mengingat karakteristik varian ini yang mempunyai tingkat penyebaran yang sangat cepat.

Penambahan kasus Omicron masih didominasi oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Dari 506 kasus konfirmasi Omicron, sebanyak 415 merupakan PPLN dan 84 kasus transmisi lokal.

Ke depannya, Kemenkes akan fokus memaksimalkan pelayanan telemedicine bagi pasien yang melakukan isolasi di rumah.

Selain itu Kemenkes juga akan menyertakan penggunaan obat monulpiravir dan Paxlovid untuk terapi pasien COVID-19 gejala ringan.

Tinggalkan Komentar