Undian 16 Besar liga Champions Akan Digelar, Berikut Tim dan Aturannya

Undian 16 Besar liga Champions Akan Digelar, Berikut Tim dan Aturannya

Makassar, PANRITA.News – Babak penyisihan grup Liga Champions ditutup dengan laga Atalanta vs Villarreal yang berakhir 2-3 pada Jumat dini hari tadi. Hasil itu membuat Villarreal resmi menjadi tim ke-16 yang lolos ke babak berikutnya.

Villarreal menjadi runner-up Grup F mendampingi Manchester United yang menjadi juara grup. Laman resmi UEFA pun memastikan daftar tim yang lolos ke babak 16 besar.

Undian babak 16 besar Liga Champions dijadwalkan pada Senin, (13/12/2021) di markas UEFA di Nyon, Swiss pukul 12.00 waktu setempat. UEFA menyatakan 16 tim tersebut anak dibagi menjadi dua kelompok, unggulan dan non-unggulan.

Peringkat satu dari masing-masing grup akan menempati kelompok unggulan sementara tim yang berada di posisi kedua menempati kelompok non-unggulan. Berikut pembagiannya:

Unggulan:

Ajax Amsterdam (Belanda)
Bayern Munchen (Jerman)
Juventus (Italia)
Liverpool (Inggris)
LOSC Lille (Prancis)
Manchester City (Inggris)
Manchester United (Inggris)
Real Madrid (Spanyol)

Non-unggulan:

Atlético Madrid (Spanyol)
Benfica (Portugal)
Chelsea (Inggris)
Inter Milan (Italia)
Paris Saint-Germain (Prancis)
RB Salzburg (Austria)
Sporting Lisbon (Portugal)
Villarreal (Spanyol)

Tim dari kelompok unggulan akan bertemu dengan tim dari kelompok non-unggulan.

UEFA menyatakan ada dua aturan dalam undian tersebut.

“Tidak ada tim yang dapat menghadapi tim lain dari negara yang sama. Klub juga tidak bisa menghadapi lawan yang mereka temui pada babak penyisihan grup,” tulis UEFA dikutip dari tempo,co.

Aturan itu sedikit banyak menguntungkan bagi juara bertahan Chelsea yang berada di kelompok non-unggulan karena hanya menempati posisi kedua klasemen Grup H.

Mereka tak akan bertemu dengan Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Juventus yang berada di kelompok tim unggulan.

Akan tetapi skuad asuhan Thomas Tuchel masih berpeluang mendapatkan lawan berat. Mereka bisa bertemu Bayern Munchen, Real Madrid, Ajax Amsterdam dan Lille.

Partai panas juga akan menanti PSG. Lionel Messi cs masuk kelompok tim non-unggulan karena hanya menempati posisi kedua klasemen Grup A.

Skuad asuhan Mauricio Pochettino hanya terhindar dari Manchester City dan Lille. Artinya, mereka berpeluang menghadapi Bayern Munchen, Real Madrid, Liverpool, Manchester United, Juventus dan Ajax Amsterdam.

Demikian halnya dengan Atletico Madrid dan Inter Milan. Anak asuh Diego Simeone juga berpotensi menghadapi laga berat karena bisa bertemu dengan Bayern Munchen, Manchester United, Manchester City, Juventus, Ajax Amsterdam, dan Lille.

Sementara skuad asuhan Simone Inzaghi bisa bertemu dengan Bayern Munchen, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Ajax Amsterdam, dan Lille.

Kepastian laga panas akan ditentukan pada undian Liga Champions Senin pekan depan. Laga pertama babak 16 besar rencananya akan digelar pada 15, 16, 22 dan 23 Februari 2022 sementara laga kedua pada 8,9,15 dan 16 Maret 2022.

Tinggalkan Komentar