Peresmian MPP Selayar Jadi Kado Istimewa di HUT ke-416

Peresmian MPP Selayar Jadi Kado Istimewa di HUT ke-416

Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kepulauan Selayar oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo secara virtual.

Kepulauan Selayar, PANRITA.News – Puncak Peringatan Hari Jadi ke-416 Selayar berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar melalui Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kepulauan Selayar, Senin (29/11/2021).

Meski berlangsung sederhana dimasa pandemi Covid-19, namun ada kado istimewa pada peringatan Hari Jadi ke-416 Selayar ini, menyusul diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kepulauan Selayar oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo secara virtual.

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kepulauan Selayar akan tercatat sebagai MPP yang ke-48 di Indonesia dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia atau MPP ketiga di Sulawesi Selatan. MPP Kabupaten Kepulauan Selayar pada tahap awal ini akan memberikan layanan sekitar 140 jenis layanan, dengan jumlah OPD dan instansi vertikal, BUMD, BUMN sebanyak 16 instansi.

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar karena telah memberikan kemudahan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang cepat dan terintegrasi ini kata Tjahjo Kumolo akan memudahkan masyarakat dalam berbagai layanan yang dibutuhkan.

Olehnya Lanjut Menpan RB, ASN harus siap memberikan pelayanan dan tidak boleh menunda-nunda apalagi KKN.

Sebagai bentuk apresiasi, Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali atas komitmen dan kerjasamanya dalam mewujudkan MPP Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sedangkan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., mewakili plt. Gubernur Sulsel mengatakan dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, belum sampai 100 yang mampu menampilkan hal istimewa berupa Mal Pelayanan Publik.

“Ini pertanda keseriusan Bupati dan Wakil Bupati untuk menampilkan hal yang lebih baik dari periode sebelumnya,” kata Asriady Sulaiman.

Penyelenggaraan MPP kata Asriady adalah sebuah tuntutan yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.

Dikatakan peresmian MPP yang dilaksanakan hari ini merupakan respon cepat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam membantu pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendorong kemudahan, meningkatkan kecepatan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan.

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali yang juga hadir mengajak seluruh stakeholder untuk turut melanggengkan MPP tersebut. Ia mengajak agar OPD mampu membangun sistem kerja dan sinergi yang utuh, mengubah budaya kerja dengan melayani dengan menampilkan wajah birokrasi yang mengadopsi The New Publik Service.

Tinggalkan Komentar