Genjot PAD, Bapenda Bontang Siapkan Program Pemberdayaan Kelembagaan RT

Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Bontang, Rafidah

Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Bontang, Rafidah.

Bontang, PANRITA.News – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang menyiapkan program kerja Tahun 2022 dengan memberdayakan kelembagaan RT untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

“Insyaallah, tahun depan (2022) kita akan libatkan Ketua RT secara langsung sebagai agen pajak,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Bontang, Rafidah saat ditemui, Selasa (23/11/2021).

Rafidah menjelaskan, salah satu point penting dalam progran tersebut yakni melakukan pemutahiran serta validasi data objek PBB-p2

 “yang pasti, kontribusi terbesar nantinya adalah pbb-p2, sejak tahun 2016, pemutahiran dan validasi objek pajak kan belum pernah lagi dilakukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, target sasaran pemutahiran dan validasi adalah objek pajak yang dimiliki oleh pihak peusahaan yang belum sama sekali pernah tervalidasi.

“sasaran kami lebih ke objek bangunan milik perusahaan seperti Pabrik yang belum pernah di validasi sama sekali,” jelasnya.

Selain itu, Nantinya para Ketua RT akan diberi tugas untuk memantau setiap potensi pajak di wilayahnya.

“Masih saya buatkan draft-nya, nantinya akan kita berikan reward bagi kinerja RT. Untuk PBB, kita juga akan siapkan petugas khusus di Kelurahan,” ungkapnya.

Untuk memastikan hal ini berjalan dengan baik. Mantan Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP itu menegaskan, nantinya pihaknya akan membangun kerjasama dengan Dirjen Pajak, serta KPP Pratama.

“Apa saja yang akan jadi penilaian pajak, termasuk sejumlah pabrik. Perlu pemuktahiran data objek pajak,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar