Bapenda Kota Bontang Lampaui Target PAD Tahun 2021

Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Bontang, Rafidah

Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Bontang, Rafidah.

Bontang, PANRITA.News – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang pada pekan ketiga November 2021 berhasil merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), lebih dari Rp 207 miliar. Angka ini lebih besar dari target pendapatan tahun 2021 sebesar Rp 197 M.

Pelaksana tugas Kepala Bapenda Kota Bontang, Rafidah menjelaskan, Kemungkinan Pad akan bertambah seiring tumbuh kembang perekonomian Kota Bontang menyusul ditetapkannya PPKM level 1.

“Angka Rp. 207 M ini realisasi PAD bulan November, harapannya dengan penerapan kebijakan PPKM level 1, geliat perekonomian kota Bontang bisa mengangkat Pad,” Jelasnya.

Ia memaparkan lonjakan pendapatan selama 2 pekan memimpin Bapeda Bontang, dengan turun bersama sama staf kelapangan setiap hari.

“iya, semua pada kelapangan setiap hari, untuk mencari potensi dan peluang, untuk penunggak pajak, kami lakukan pendekatan secara humanis,” ungkap nya, Selasa (23/11/2021).

Selain potensi pendapatan dari 11 objek pajak daerah, Bapenda Bontang saat ini melakuan pendataan piutang objek pajak yang di limpahkan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kppn) Pratama sejak Tahun 2013.

“kita ada piutang pelimpahan dari Kppn pratama ke pemerintah Bontang tahun 2013, saat ini masi tumpang tindih, pelan pelan kita akan benahi,” Bebernya.

Rafidah melanjutkan, Akan menggandeng Dirjen Pajak dan KPPN Pratama serta pihak akademisi untuk menyusuri potensi piutang pajak sebesar Rp.52 Milyar 

“jumlahnya lumayan besar, hitungan kami Rp. 14 Milyar belum terhitung tahun berjalan, sekitar Rp. 52 Milyar,” Tandasnya.

Tinggalkan Komentar