DPPKB Bontang Sosialisasi Terkait Pengendalian Penduduk dan Pelayanan KB Wilayah Pesisir

DPPKB Bontang Sosialisasi Terkait Pengendalian Penduduk dan Pelayanan KB Wilayah Pesisir

DPPKB Bontang Sosialisasi Terkait Pengendalian Penduduk dan Pelayanan KB Wilayah Pesisir

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Kelurarga Berencana (DPPKB) Bontang laksanakan sosialisasi terkait pengendalian penduduk dan Pelayanan KB. 

Hal itu dilakukan untuk mengatur jenjang pertumbuhan penduduk di wilayah pesisir. 

pesan kepada peserta yang rata-rata adalah usia subur, agar selalu berpedoman kepada program Keluarga Berencana dalam merencanakan keluarga.

Dalam sosialisasinya Bahtiar Mabe, menekankan agar masyarakat paham tentang pentingnya usia dalam pernikahan dan jarak persalinan serta pentingnya pembelajaran kepada anak.

“Menciptakan keluarga sejahtera bukan hanya melalui KB saja akan tetapi banyak hal yang harus di lakukan, ini lah langkah koordinasi dari kami,” kata Bahtiar Mabe, Jumat (10/9/2021). 

Selanjutnya pihaknya juga menjelaskan melalui program KB diharapkan kesehatan keluarga  menjadi  meningkat. 

Pengaturan jarak kelahiran dapat mencegah resiko terjadinya kematian ibu dan anak serta mengurangi angka kejadian stunting. 

Jarak kelahiran yang terlalu dekat,  terlalu banyak,  terlalu tua dan muda menyebabkan ketidaksiapan organ reproduksi ibu untuk mengandung sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin dalam rahim yang pada akhirnya beresiko melahirkan anak stunting.  

“Selain kesehatan reproduksi dan mental sang ibu, anak yang dilahirkan juga dapat tumbuh normal dan mendapatkan kasih sayang penuh dari orang tua,” sambungnya. 

Tujuan keluarga berencana selanjutnya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dengan adanya program KB maka keluarga mampu merencanakan pengeluaran dan kebutuhan keluarga agar seimbang dengan pendapatan yang dimiliki.

“Anak-anak yang lain juga mampu mendapatkan pendidikan yang baik karena sumber pendapatan tidak hanya habis untuk biaya kebutuhan sehari-hari saja,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar