Beri Perlindungan Tambahan, Nakes di Sinjai Divaksin Dosis Ketiga Jumat Besok

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani

Sinjai, PANRITA.News – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai kembali akan melakukan penyuntikan vaksin bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Bumi Panrita Kitta.

Penyuntikan vaksin ketiga secara bertahap untuk nakes asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, akan mulai dilakukan pada Jumat (10/9/2021) besok.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani di ruang kerjanya, Kamis (9/9/2021). Dia mengatakan, untuk pelaksanaan dihari pertama akan berlangsug di Puskesmas Balangnipa dan Samataring.

“Untuk vaksin ketiga bagi nakes kami akan mulai pada tanggal 10 September secara bertahap,” ungkapnya

Dia menyebut sasaran bagi nakes yang akan mendapat vaksin dosis ketiga jenis moderna itu, sedikitnya ada ribuan nakes. Mereka sebelumya, telah diberikan sosialisasi terkait vaksin tersebut.

“Jumlah sasaran nakes kami itu sesuai dengan data yang ada totalnya sejumlah 1.754. Mereka sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua,” kata dokter Arin sapaannya.

Diketahui, pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI berdasarkan hasil kajian yang dilakukan dan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan melalui surat nomor 71/ITAGI/Adm/VII/2021 tanggal 8 Juli 2021.

Upaya ini dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan pada tenaga kesehatan yang menjadi garda depan dari penanganan Covid-19. Hal itu juga  sesuai dengan edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes bahwa vaksin ketiga bagi nakes, menggunakan vaksin moderna.

“Vaksin moderna ini sebagai perlindungan tambahan bagi tenaga kesehatan, karena moderna efikasinys berdasarkan hasil penelitian itu diatas 90 persen,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar