Dinkes Parepare Gelar Lokakarya Tentang Implementasi Kawasan Tanpa Rokok

Dinkes Pemkot Parepare Gelar Lokakarya Tentang Implementasi Kawasan Tanpa Rokok

Dinkes Pemkot Parepare Gelar Lokakarya Tentang Implementasi Kawasan Tanpa Rokok

Parepare, PANRITA.News – Untuk mendiskusikan peran dan tanggung jawab stakeholder dalam penegakan implementasi Perda Nomor 9 Tahun 2014, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Parepare, Dinas Kesehatan menggelar lokakarya.

Lokakarya tersebut digelar selama dua hari dengan menghadirkan pemateri yakni, Prof.Alimin Maidin, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Direktur Hasanuddin, Ir. H. Ahmad Wadi, Hasanuddin, Dr. Kamaluddin Kadir,  Ketua Komisi II DPRD Kota Parepare, Hj. Nurwana, Plt. Kepala Bagian Hukum Kota Parepare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Rahmawaty menjelaskan, sejak 2014, Pemerintah Kota Parepare telah menetapkan Perda Nomor 9 Tahun 2014, tentang Kawasan Tanpa Rokok sebagai salah satu upaya untuk  menurunkan jumlah perokok dan masalah kesehatan dan sosial yang dapat ditimbulkan oleh rokok. 

Saat ini kata dia, Perda tersebut akan ditindaklanjuti dengan peraturan operasional pelaksanaan dalam bentuk Peraturan Walikota (Perwali) sehingga dibutuhkan lokakarya untuk mendiskusikan substansi Perda tersebut. 

“Berbagai upaya yang telah dilakukan Dinas Kesehatan dalam bentuk sosialisasi, pembentukan agen pelajar KTR. Sedangkan dari sisi penegakan hukum melalui Satpol PP senantiasa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda KTR tersebut,” jelas Rahmawaty, Selasa (7/9/2021).

Adapun tujuan dilakukan Lokakarya ini kata dia, untuk memberikan pemahaman kepada semua stakeholder tentang masalah rokok, dan bagaimana agar Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok dan Peraturan Walikota tentang Pedoman KTR sebagai aturan pelaksanaannya dapat efektif penerapannya di lingkungan masyarakat. 

“Ini kita lakukan ntuk mendapatkan masukan terhadap rancangan Peraturan Walikota Parepare tentang Pedoman Kawasan Tanpa Asap Rokok dari berbagai perspektif pemerintah, legislatif dan akademisi,” detail dia. 

Selain itu lanjutnya, untuk mendiskusikan situasi terkini, upaya yang telah dilakukan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi Perda No. 4 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Parepare dari berbagai perspektif pemerintah, legislatif, dan akademisi.

Tinggalkan Komentar