Kualifikasi Piala Dunia: Laga Brasil vs Argentina Dihentikan

Kualifikasi Piala Dunia: Laga Brasil vs Argentina Dihentikan

Laga Brasil vs Argentina dihentikan saat baru berjalan 5 menit. (Foto: Getty Images/Alexandre Schneider)

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Brasil dan Argentina dihentikan setelah pihak berwenang Brasil berusaha menahan empat pemain Premier League karena dianggap melanggar aturan karantina.

Pertandingan yang dihelat di Neo Quimica Arena di Sao Paulo pada Minggu (5/9/2021) malam, yang menampilkan Lionel Messi dan Neymar di antara pemain bertabur bintang, diinterupsi oleh pejabat kesehatan dan polisi yang tumpah ruah ke lapangan. Setelah sempat terjadi adu argumen, pertandingan yang baru berjalan 5 menit itu pun akhirnya dihentikan.

Emiliano Buendia dan Emiliano Martinez dari Aston Villa dan Cristian Romero dan Giovani Lo Celso dari Tottenham adalah empat pemain Argentina yang dituduh melanggar larangan bepergian untuk bermain dalam pertandingan, dan ketiganya memulai pertandingan. 

Sebelumnya pada hari itu pihak berwenang Brasil mengatakan kuartet itu perlu dikarantina, setelah melakukan perjalanan dari Inggris.

Otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelum pertandingan: “Anvisa menganggap situasi ini sebagai risiko kesehatan yang serius dan karenanya telah meminta otoritas kesehatan setempat untuk menentukan karantina segera para pemain, yang dihentikan dari berpartisipasi dalam aktivitas apa pun dan harus dicegah untuk tetap berada di tanah Brasil.”

Mereka kemudian berusaha untuk mencegah pertandingan berlangsung tetapi Argentina menolak untuk mematuhi, mengunci diri di ruang ganti mereka sebelum kick-off.

Pengunjung yang telah berada di Inggris dalam 14 hari sebelum memasuki Brasil harus dikarantina selama 14 hari pada saat kedatangan kecuali mereka mendapatkan pengecualian khusus.

Argentina segera meninggalkan stadion setelah kekacauan itu, sementara para pemain Brasil kembali ke lapangan untuk melakukan sesi latihan untuk menghibur para penggemar yang tersisa.

Manajer Argentina Lionel Scaloni mengatakan: “Itu membuat saya sangat sedih. Saya tidak mencari siapa pun untuk disalahkan. Apakah sesuatu terjadi atau tidak, itu bukan waktunya untuk melakukan intervensi itu [selama pertandingan]. Seharusnya menjadi perayaan bagi semua orang untuk menikmati pemain terbaik di dunia.

Saya ingin orang-orang Argentina memahami bahwa sebagai pelatih saya harus membela pemain saya. Kami tidak pernah diberitahu bahwa mereka tidak dapat memainkan pertandingan. Kami ingin memainkan permainan, seperti yang dilakukan para pemain dari Brasil.”

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan Conmebol mengumumkan bahwa pertandingan telah ditangguhkan dan wasit serta delegasi pertandingan sekarang akan memberikan laporan kepada komite disiplin FIFA, yang akan memutuskan tindakan apa yang akan diambil.

sumber: The Independent/ Beritasatu

Tinggalkan Komentar